Pengaruh Substitusi Tepung Limbah Udang Pada Pembuatan Kue Telur Gabus Terhadap Daya Terima Konsumen

Linawati Azizah, Mariani Mariani, Cucu Cahyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan tepung limbah udang pada pembuatan kue telur gabus terhadap daya terima konsumen. Penelitian dilakukan Laboratorium Pastry & Bakery Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Sample penelitian ini adalah kue telur gabus dengan penggunaan tepung tepung limbah udang 5%, 10%, dan 15%. Penilaian daya terima konsumen dilakukan dengan uji organoleptik 20 panelis tidak terlatih. Penilaian daya terima konsumen dilakukan dengan uji friedman dengan taraf signifikan α 0,05. Berdasarkan hasil hipotensis menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan tepung limbah udang pada aspek warna dan tekstur. Untuk hasil hipotesis pada aspek aroma dan rasa menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh substitusi tepung limbah udang pada pembuatan kue telur gabus terhadap daya terima konsumen sehingga penelitian pada aspek ini tidak dilanjutkan dengan uji tuckey. Kesimpulan dari keseluruhan penelitian ini adalah formulasi dengan persentase substitusi tepung limbah udang sebanyak 10%.


Full Text:

PDF

References


Alsuhendra, & Ridawati. (2008). Prinsip Analisis Zat Gizi Dan Penilaian Organoleptik Bahan Makanan. Jakarta: UNJ Press.

Andre R.Y. Wowor, d. (2015). Kandungan Protein Kasar, Kalsium, Dan Fosfor Tepung Limbah Udang Sebagai Bahan Pakan Yang Diolah Dengan Asam Asetat (CH3COOH).

Astawan, M. (2008). Sehat Dengan Hidangan Hewani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Dinda, V. K., Faridah, A., & Holinesti, R. (2017). Analisis Kualitas Kerupuk Kulit Udang.

Direktorat , P. J. (2014). Udang Vanname dan Udang Windu MAsih Andalan Ekspor Indonesia.

Efendi, R. (2019). Karakteristik Fisik, Kimia dan Sensoris Kue Telur Gabus Dengan Subtitusi Tepung Beras Ketan Putih dan Tepung Jagung.

Fronthea, Swastawati, Wijayanti, I., & Susanto, E. (2008). Pemanfaatan Limbah Kulit Udang Menjadi Edible Coating Untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan.

Handoyo, J. &. (2021, Januari Minggu). Pelaku usaha optimistis pasar ekspor udang masih gurih. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/pelaku-usaha-optimistis-pasar-ekspor-udang-masih-gurih

Harini, I., Winarni, S., & Setyaningsih, E. (2004). Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Limbah Kulit / Kepala Udang Menjadi Chitosan Untuk Ingredient Pembuatan Permen Di Home Industri Kebon Agung Kepanjen Malang.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved Mei 20, 2020, from http://kbbi.web.id/pusat,.

Kementrian, P. d. (2014). Membangun Kelautan Untuk Mengembalikan Kejayaan Sebagai Negara Maritim.

Murdijati, & Gardjito, A. (n.d.). Resep Rahasia Temurun-temurun Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Yogyakarta: Percetakan Galangpress.

Mustofa, B. K. (2013). Studi Eksperimen Pembuatan Telur Gabus Dari.

Olivia, R., Purwijantiningsih, L. M., & Pranata, F. S. (2013). Substitusi Tepung Kulit Udang Dogol (Metapenaeus monoceros Fab.) Dalam Pembuatan Nugget Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus Jacq.).

Permana, A. J., Liviawaty, E., & Iskandar. (2012). Fortifikasi Tepung Cangkang Udang Sebagai Sumber Kalsium Terhadap Tingkat Kesukaan Cone Es Krim.

Pratiwi, N., Karnila, R., & Edison. (2018). Komposisi Kimia Pada Tepung Kulit dan Kepala Udang.

R, W. S., & Widi, T. H. (2017). Lushisan Biscuit Substitusi Kulit Udang Sebagai Camilan Kaya Protein.

Ramadhani, F., & Murtini, E. S. (2017). Pengaruh Jenis Tepung Dan Penambahan Perenyah Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Kue Telur Gabus Keju.

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk PEnelitian . Bandung: Alfabeta.

Suryanti, Haryati, S., Putra, A. N., & Heryana, R. (2018). Karakteristik Makanan Ringan Ekstrudat dari Kepala Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei).

Trisandy, A. (2019, Agustus Senin). Retrieved Februari Senin, 2021, from https://www.idntimes.com/food/dining-guide/andry-trisandy/jenis-udang-paling-populer-di-indonesia:

Yasa Boga. (2015). Kue Kue Indonesia 165 Resep Panganan Populer Nusantara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v1i2.30511

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)

Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan

Sumatera Utara, Indonesia

Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm