PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TENTANG PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI IBU HAMIL
Abstract
Penelitian pengembangan media video animasi pencegahan stunting bagi ibu hamil ini didasari oleh tingginya angka stunting di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video animasi yang dapat digunakan untuk pencegahan stunting yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, (2) menilai kelayakan media video animasi pencegahan stunting melalui platform media sosial instagram bagi ibu hamil, (3) mengedukasi ibu hamil agar memahami cara pencegahan stunting pada masa kehamilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas (1) analisis, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Validasi dilakukan oleh dosen ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi memperoleh 75% (baik), hasil validasi ahli bahasa mendapatkan 93% (sangat baik) dan hasil validasi media mendapatkan hasil 98% (sangat baik). Sedangkan pada uji one to one mendapatkan hasil 89,2% (baik), uji small group mendapatkan hasil 91,9% (sangat baik), dan uji lapangan mendapatkan hasil 92.9%. Pada penilaian respon mendapatkan hasil 93,1% (sangat baik). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi tentang pencegahan stunting melalui platform media sosial instagram bagi ibu hamil dinyatakan layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Agung DL. (2018). Efektivitas Media Sosial untuk Promosi Kesehatan. Research Gate, July, 15–37.
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Direktorat, & Masyarakat, P. (2018). Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku. November.
Febriani, C. A., Nuryani, D. D., & Elviyanti, D. (2019). Efektifitas Pemanfaatan Media Gambar Bergerak dan Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Gizi Seimbang pada Balita. Jurnal Kesehatan, 10(2), 181. https://doi.org/10.26630/jk.v10i2.1263
Irwanti, A. F., Rehkliana, E. L., & Sumarni. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG STUNTING DESCRIPTION OF THE KNOWLEDGE OF PREGNANT WOMEN ABOUT STUNTING IN Dosen Program Studi Kebidanan , STIKes Mahardika Dosen Program Studi Kebidanan , STIKes Mahardika nutritional intake is insufficient during th. Jurnal Kesehatan Mahardika, 32–36.
Izwardy, D. (2020). Studi Status Gizi Balita. Balitbangkes Kemenkes RI, 2020, 40. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/Rakerkesnas-2020/02-Side-event/SE_08/Studi Status Gizi Balita Terintegrasi SUSENAS 2019 (Kapus Litbang UKM).pdf
Jago, F., Marni, & Limbu, R. (2019). Pengetahuan Ibu, Pola Makan Balita , Dan Pendapatan Keluarga Dengan Status Gizi Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Danga Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Journal of Community Health, 01(1), 16–22.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Kemenkes RI. (2018). Buletin Stunting. Kementerian Kesehatan RI, 301(5), 1163–1178.
Kusumawati, E., Rahardjo, S., & Sari, H. P. (2015). Model of Stunting Risk Factor Control among Children under Three Years. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 9(3), 249–256.
Mardalena, I., & Suyani, E. (2016). Keperawatan Ilmu Gizi. Kementeriann Kesehatan Republik Indonesia, 182.
NapoleonCat. (2020). Instagram users in Indonesia October 2020. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/10
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. pustaka belajar.
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Satriawan, E. (2018). Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024 (National Strategy for Accelerating Stunting Prevention 2018-2024). Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, November, 1–32. http://tnp2k.go.id/filemanager/files/Rakornis 2018/Sesi 1_01_RakorStuntingTNP2K_Stranas_22Nov2018.pdf
Siswati, & Salim, M. A. (2013). Teknik Animasi 2 Dimensi 2.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabet.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Edisi pert). Graha Ilmu.
Veygid, A., Aziz, S. M., & S.R., W. S. (2020). Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.5
DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v2i1.34550
Article Metrics
Abstract view : 505 timesPDF - 844 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)
Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan
Sumatera Utara, Indonesia
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm