Implementasi Bahan Ajar Hidrolisis Garam Terintegrasi Nilai-Nilai Islami dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

Indah Sundari Zega, Ayi Darmana

Abstract


 

This study aims to find out: (1) A significant difference in students ' learning outcomes was taught using the integrated chemicals of Islamic values and which were taught using the students ' high school chemistry teaching book through The learning model of the hydrolysis of salt. (2) A significant difference in the students ' Islamic attitudes before and after being taught by using integrated chemical materials of Islamic values. (3) A significant relationship between Islamic attitudes and increasing student learning outcomes. The data analysis technique is conducted with the Independent Sample T-Test, Paired Sample T-Test, Correlation and Anava two paths. Research results can be concluded that: (1) There is a significant difference in learning outcomes among students taught using integrated chemicals Islamic values and which are taught using the students ' high school chemistry teaching book through the PBL learning model in the subject matter Hydrolysis salt. (2) There are significant differences in the students ' Islamic attitudes before and after being taught using the integrated chemical materials of Islamic values. (3) There is a significant correlation of spiritual value with the increase of student learning outcomes which are taught using the integrated chemistry module of Islamic values.


Keywords


Learning Outcomes of Chemistry, Islamic Values, Teaching Materials, Learning Interests

Full Text:

PDF

References


Arfiyah, dkk., (2016), Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Dengan Kompendium Al-Qur’an Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep Mol Kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) MAN 2 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015), Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 96-104.

Basuki, Kaih H., (2015), Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, 5(2), 120-133.

Budi Lina, dkk., (2013), Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Dan Sistem Periodik Kelas XI SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 10-18.

Darmana, A., (2013), Pandangan Siswa Terhadap Internalisasi Nilai Tauhid Melalui Materi Termokimia, Makalah pada SEMIRATA MIPA UNILA, Lampung.

Darmana, A., & Manoan Batubara., (2016), Kelayakan Bahan Ajar Kimia-Tauhid Berdasarkan Kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Dan Respon Siswa, Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia 2016, Medan.

Depdiknas, (2010), Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Dermawan, A., (2016), Pengembangan Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami pada Pokok Bahasan Minyak Bumi, Skripsi, UNIMED, Medan.

Djudin, T., (2011), Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains: Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa, Jurnal Katulistiwa-Journal Of Islam Studies, 1(2): 151-160.

Hidayat, H., (2010), Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat PDTM, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(1): 12-15.

Hikmah, N.I., (2013), Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Kimia Berbasis Integrasi Sains dan Agama Pada Materi Larutan Penyangga, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo, Semarang.

Jumini, S., & Wahyudi., (2015), Konsep Vektor Dan Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Didalamnya (Telaah Buku: “Analisis Vektor” Kajian Teori Pendekatan Al-Qur’an Karya Ari Kusumastuti), Jurnal PPKM, 1: 1-10.

Marsonet, M., (2012), Science and Religion as Conceptual Schemes, Academicus, 5: 17-25.

Muldayanti, N.D., (2013), Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1): 12-17.

Okmarisa, H., A. Darmana, dan R. D. Suyanti, (2016), Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2): 58-63.

Rochman, C., (2010), Pembelajaran Fisika Berbasis NIlai Agama Islam pada Perguruan Tinggi Agama Islam, Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (2): 52-59.

Saputro, A.N.C., (2011), Pengintegrasi Nilai-Nilai Relegius Dalam Buku Pelajaran Kimia sebagai Metode Alternatif Membentuk Karakter Insan Mulia Pada Siswa, Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, FMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Slameto., (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiarti, L., (2013), Pengaruh Bahan Ajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Materi Konstruksi Pola Pada Prodi PKK Tata Busana, Jurnal FFE, 2 (1): 48-54.

Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif , Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15477

Article Metrics

Abstract view : 1063 times
PDF - 751 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974

slot gacor slot