Pengajaran Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Macromedia Flash Hasil Pengembangan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi, M. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan. 19(2): 187-195.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Amir, M. T. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chang, R (2008). General Chemistry: the Essentil Concept. Boston. McGraw-Hill.
Fibriani,L.,Muhammad D., Risnita. (2014) Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA . Edu-Sains, 3(1), 1-5.
Gustina, Abu. H.N., & Hamsyah, E.K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 18 Makassar. Jurnal Chemica, 17(2), 12-18.
Istiana, G.A., Catur, A.N., Dan Sukardjo, J.S., (2015), Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2),65-73.
Kustandi, C., B. Sutjipto, (2011), Media pembelajaran manual dan digital, Ghalia Indonesia, Bogor.
Karpudewan, M., David, F.T., Mocerino, Mauro., Won, M., & Chanrasegaran, A.L., (2015), Investigating High School Students’ Understanding Of Chemical Equilibrium Concepts, International Society Of Educational Research, 10(6): 845-863.
Sufairoh, S. (2017). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan profesional, 5(3), 116-125.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sukardjo, (2008), Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran, Pedagogia, Yogyakarta.
Tasker R. ,& Dalton R. (2006). Research Into Practice: Visualisation Of The Molecular World Using Animations. Chemistry Education Research And Practice, 7(2), 141-159.
Wu, H., Krajcik,J.S., & Soloway,E., (2000), Promoting Conceptual Understanding Of Chemical Representations: Students’ Use Of A Visualization Tool In The Classroom, National Association Of Research In Science Teaching, April 28-May 1 2000, New Orleans, LA.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19403
Article Metrics
Abstract view : 746 timesPDF - 675 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974