Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Asam-Basa

Makharany Dalimunthe, Randika Janama Ginting

Abstract


This study aims to (1) determine the level of validation of the learning module on the acid-base subject developed based on PBL with a scientific approach, (2) knowing student learning outcomes on PBL-based learning modules with a scientific approach on the subject of acid-base, and (3) determine student responses to the PBL based learning module with a scientific approach. on the subject of acid-base. This study uses the method (R&D) with the application of the ADDIE model at each stage. Based on the research results, the product that has been developed is validated by 3 expert validators consisting of 2 lecturers and 1 chemistry teacher. The average result of the module analysis based on PBL with a scientific approach carried out by chemistry lecturers and teachers that has been developed is ± 3,26. Student learning outcomes increased to 75.43% with a maximum score of 100 and a minimum of 75 and the average of posttest of ± 86>KKM value of 75. Hypothesis testing using hypothesis testing resulted in tcount > ttable, namely 12.36>1,69. Based on the assessment of the percentage level of student response to the module that has been developed, it is 71,31 and is categorized as high enough.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat validasi modul pembelajaran pada mata pelajaran asam-basa yang dikembangkan berbasis PBL dengan pendekatan saintifik, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada modul pembelajaran berbasis PBM dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran asam-basa, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran berbasis PBL dengan pendekatan saintifik. pada materi asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan penerapan model ADDIE pada setiap tahapannya. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru kimia. Rata-rata hasil analisis modul berbasis PBL dengan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan adalah ± 3,26 , sehingga modul ini sangat layak digunakan. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,43% dengan nilai maksimal 100 dan minimal 75 serta rata-rata posttest ± 86 > nilai KKM 75. Pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 12,36 > 1,69 , Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa Ha diterima yaitu hasil belajar siswa dengan menggunakan modul yang telah dikembangkan lebih besar daripada KKM. Berdasarkan penilaian persentase respon siswa terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 71,31 dan dikategorikan cukup tinggi.


Keywords


modules; problem based learning; acid-base; scientific approach; ADDIE models

Full Text:

PDF

References


Alfiantara, Anggih, dkk. (2016). Pengembangan Modul Berorientasi Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Android. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Alfionita, T., & Gazali, F. (2021). Deskripsi Modul Hukum-Hukum Dasar Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 32-38.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ayu, K., Astiti, T., Suardika, I. W. R., & Ardana, I. K. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan IPA Tema Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV Ditinjau dari Karakteristik Pertanyaan Guru di SDN Gugus Budi Utomo. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul : Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang.

Dewi, Yunita. (2019) . PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Firdaus, Amalia & Ellizar. (2021). Pengembangan Modul Senyawa Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Promting Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia. DOI: 10.24036/epk.v2i1.133. e-issn: 2774-5171. Hal: 88-96.

Handayani, F., & Legi, W. F. (2016). PENGEMBANGAN MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS XI SMA / MA. Journal of Sainstek, 8(1), 85–97.

Ibnu, Suhadi,dkk. (2003). Dasar-Dasar Metedologi Penelitian. Malang : Universitas Negeri Malang.

Jaenudin, A., Baedhowi, & Murwaningsih, T. (2017). The Effectiveness of the EModule of Economics Learning on Problem Based Learning used to Improve Students Learning Outcomes. Education and Humanities Research (ASSEHR), 30-36.

Kusuma, D. C. (2013). Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum 2013 pada Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jurnal Analisis Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum 2013 pada Bahan Uji Publik Kurikulum 2013, 1-21.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Marnesya, C. A., & Ellizar. (2020). EFEKTIVITAS MODUL SISTEM KOLOID BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PERTANYAAN PROBING-PROMPTING. Ranah Research Journal of Multidicsiplinary Researh and Development, 2(4), 80–85.

Masdalina. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Larutan Asam-Basa di Kelas XI IPA SMA SRIJAYA NEGARA Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Permendikbud. (2013). Lampiran peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Sabirin, R. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN SOFTWARE ADOBE DIRECTOR 11.5 PADA MATERI HIDROKARBON ALKANA KELAS XI SMAN 10 KOTA JAMBI. Jambi : UNJA.

Sudarmo, Unggul. (2017). Kimia 2 untuk SMA/MA Kelas XI.Surakarta: Erlangga.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana: Jakarta.

Yerimadesi., et.al. (2016). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Journal of Sainstek 8(1):85-97.

Yudhanegara, Ridwan. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kecemasan Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 2(2). Hal:119-130.




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.38991

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974