Hubungan Kemampuan Matematika dan Kemampuan Awal dengan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga

Pasar Maulim Silitonga, Freddy Tua Musa Panggabean, Nora Susanti, Marudut Sinaga, Lesrida Situmorang

Abstract


Chemistry is one of the most difficult subjects for most students. There are many factors that influence the success of students in learning chemistry, including mathematical abilities and students' initial abilities. This study aims to determine the relationship between mathematical ability and initial ability with students' chemistry learning outcomes. The sample of this study consisted of one class, namely class XI IPA 2 students who were taken by random sampling technique. Data analysis used simple regression test with variance test (variance fingerprint) and multiple regression, as well as correlation test and coefficient of determination at a significance level of 5%. The results showed that (1) there was a significant relationship between mathematical ability and student chemistry learning outcomes, with a contribution of 16%; (2) There is a significant relationship between initial ability and student chemistry learning outcomes, with a contribution of 33.64%; (3) There is a significant relationship between mathematical ability and initial ability simultaneously with student chemistry learning outcomes with a coefficient of determination of 51.27%.

Ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran tersulit bagi kebanyakan siswa. Ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar kimia, diantaranya kemampuan matematika dan kemampuan awal siswa. Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan matematika dan kemampuan awal dengan hasil belajar kimia siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu siswa kelas XI IPA 2 yang diambil dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dengan uji varians (sidik ragam) dan regresi ganda, serta uji korelasi dan koefisien determinasi pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia siswa, dengan kontribusi sebesar 16%; (2) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan hasil belajar kimia siswa, dengan kontribusi sebesar 33,64%; (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan matematika dan kemampuan awal secara simultan dengan hasil belajar kimia siswa dengan koefisien determinasi sebesar 51,27%.


Keywords


Mathematical Ability, Initial Ability, Learning Outcomes, Buffer Solution

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., Gani, T., & Tanre, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran daan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Materi Kimia Kelas XI IPA SMAN 4 Makassar. Jurnal Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 85.

Alauddin, N. (2017). Hubungan Hasil Bakat Numerikal dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 304.

Asiyah, S. N. (2015). Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah (Problem Based Learning dengan Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Boja, IKIP PGRI. Jurnal Profesi Pendidik, 2(2).

Budningsih, A. C. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrudin. (2017). Effect of Realistic Mathematics Education (RME) Approach and Initial Ability of Students to the Problem Solving Ability of Class 4th Student. American Journal of Educational Research, 5(3).

Fahyuddin, Liliasari, & Sabandar, J. (2012). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Beberapa Konsep Dasar Matematika yang Dibutuhkan untuk Kelancaran Belajar Kimia Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, 2(1), 147.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Herawati, R. ., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representatif Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 1 Karangayar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 38.

Marsitta, U. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jambi.

Merdekawati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(2).

Rahayu, A. P., Ashandi, & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Eksperimen dan Guided Innquiry Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(1), 97.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 2(1), 19.

Sari, R. P. (2017). Kontribusi Kemampuan Matematika Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Stoikiometri di Kelas X SMA. Tesis. FMIPA Universitas Negeri Medan, Medan.

Sumartono, N. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Meenggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 84.

Supriyanto, A., Mardiana, & Subanti, S. (2014). Karakteristik Berpikir Matematika Siswa SMP Majelis Tafsir AL-Quran (MTA) Gemolong dalam Memecahkan Masalahh Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penandamedia Group.

Yuliana, I. ., Dasna, I. ., & Marfuah, S. (2015). Pengaruh Inkuiri Terbimbing dengan Intertekstual Terhadap Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Kimia dan Literasi Kimia Ditinjau darI Kemampuan Awal. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW.




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.39261

Article Metrics

Abstract view : 370 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974