Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Risa Dwi Angraini, Jumili Arianto, Hariyanti Hariyanti, Indra Primahardani

Abstract


Abstract

Discipline has a significant impact on student character. Discipline is influenced by several factors, one of which is the lack of the role of extracurricular activities in fostering student discipline. Therefore, one of the most significant activity programs in schools to build student discipline is coaching and developing students through extracurricular activities. One of the values contained in the game of basketball is to develop a disciplinary attitude that can be carried out by a coaching program that is in accordance with the implementation of Pancasila moral values to instill the character of student discipline. This research was conducted at SMAN 2 Tambang against the backdrop of a phenomenon that occurred at SMAN 2 Tambang namely the lack of student discipline at school. The population of this study were 20 students of basketball extracurricular activities. The sample in this study were 20 students, because the population was less than 100 people, the researchers took the whole. Questionnaire and documentation are two approaches to collect data. Using a simple linear regression method, the data is processed using a quantitative analysis tool. Based on the results of research on the inculcation of disciplinary character values through extracurricular activities in schools, it can be concluded that there is a 34.5% influence of basketball extracurriculars on the disciplinary character of students at SMAN 2 Tambang.

------------

Abstrak

Disiplin memiliki dampak yang signifikan terhadap karakter siswa. Kedisiplinan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu yaitu kurangnya peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa. Oleh karena itu, salah satu program kegiatan yang paling signifikan di sekolah untuk membangun kedisiplinan siswa adalah pembinaan dan pengembangan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun nilai yang terkandung dalam permainan bola basket salah satunya yaitu mengembangkan sikap disiplin yang dapat dilakukan program pembinaan yang sesuai dengan implementasi nilai moral Pancasila untuk menanamkan karakter disiplin siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tambang dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di SMAN 2 Tambang yaitu lemahnya kedisiplinan siswa di sekolah. Populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 20 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 20 siswa, dikarenakan jumlah populasi yang kurang dari 100 orang maka peneliti mengambil secara keseluruhan. Kuesioner dan dokumentasi adalah dua pendekatan untuk mengumpulkan data. Menggunakan metode regresi linier sederhana, data diolah dengan menggunakan alat analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tentang Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh sebesar 34,5% Ekstrakurikuler Bola Basket terhadap Karakter Disiplin Siswa di SMAN 2 Tambang.


Keywords


cultivation; extracurricular; discipline character; penanaman; ekstrakurikuler; karakter disiplin

References


Alfaz, M. F. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Atlet Bola Basket Melalui Ekstrakurikuler Bola Basket (Study di SMA Negeri 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun 2015). Universitas Negeri Semarang.

Ambler, V. (2012). Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. Bandung: Pionir Jaya.

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–132. https://doi.org/10.30596/EDUTECH.V3I1.990

Astafiyah. (2018). Kontribusi Efektivitas Manajemen Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Sekolah Non Akademik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 263–274. https://doi.org/10.32678/TARBAWI.V4I02.1933

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113–125. https://doi.org/10.24114/JK.V19I2.36954

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 37–53. https://doi.org/10.36670/ALAMIN.V3I1.39

Eddison, A., Hambali, & Hariyanti. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Guru PPKn SMA/SMK Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 993–1005. https://doi.org/10.23887/JPKU.V9I3.40431

Hatmanti, T. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 (Institut Agama Islam Negeri Surakarta). Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Hidayati, N. (2014). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Tangerang (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah). Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25111

Hidayati, R. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Trucuk. Basic Education, 7(32), 172–181. Diambil dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13880

Irmawati, R. H. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Hidayah Kota Bangun. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 2(2), 119–126. https://doi.org/10.36706/JBTI.V2I2.4581

Kabatiah, M. (2021). Efektivitas Pengintegrasian Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Melalui Teknik Klarifikasi Nilai Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 65–73. https://doi.org/10.24114/JK.V18I1.23730

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab (J. A. Wamaungo, Penerj.). Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, I. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Kepatuhan Tata Tertib Madrasah terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Purwanto, S., & Susanto, E. (2019). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: UNY Press.

Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1052

Riesdhiana, U. F. (2015). Motivasi Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Bola Basket Di Smp Negeri Se-Kota Jepara Tahun 2015. Universitas Negeri Semarang.

Syaifudin, A. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Sikap Disiplin Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Plus Al Amanah Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. IKIP PGRI Bojonegoro.

Tanjung, A. T., Nugraha, U., & Putra, A. J. (2022). Persepsi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di SMPN 11 Muaro Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 11(2), 109–118. https://doi.org/10.22437/CSP.V11I2.19711

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Waffa, A., Syafei, M. M., & Ismaya, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3943




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.43810

Article Metrics

Abstract view : 415 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Risa Dwi Angraini, Jumili Arianto, Hariyanti Hariyanti, Indra Primahardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.