Hubungan Pengetahuan Kewarganegaraan Tentang Norma Dengan Sikap Patuh Terhadap Norma

Ardhin Prasetyo, Wijianto Wijianto, Muchtarom Muchtarom

Abstract


Abstract

This study aims to prove whether there is a relationship between knowledge of norms and adherence to norms in class VII students of SMPN 8 Surakarta. This research uses quantitative methods with correlational quantitative research types. The variables in this study are knowledge of norms and adherence to norms. The population of this study were all class VII students of SMPN 8 Surakarta, totaling 254 students. The sample in this study was 60 students in classes VII D and VII H. The sampling technique was Cluster Random Sampling. The validity test used the Biserial Point test and the Product Moment test. The reliability test used the Spearman-Brown test and the Cronbach Alpha test. Test the hypothesis using the Spearman rank test and look for the regression equation. The results of this study, there is a value of Sig. that is 0.00 and R that is 0.413. From these values, is that students who have knowledge of high norms, these students will also have an obedient attitude toward high norms as well. These results reinforce the theory of Stimulus Organism Response and Cognitive Affective Consistency. The process of the occurrence of a relationship is described through the Elaboration Likelihood Model. and The Assimilation-Contrast theory.

--------

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan pengetahuan tentang norma dengan sikap patuh terhadap norma pada siswa kelas VII SMPN 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengetahuan tentang norma dan sikap patuh terhadap norma. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 8 Surakarta yang berjumlah 254 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 60 siswa kelas VII D dan VII H. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. UJi validitas menggunakan uji Point Biserial dan uji Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan uji Spearman Brown dan uji Cronbach Alpha. Uji hipotesis melalui uji Spearman Rank serta dicari persamaan regresi. Hal penelitian yaitu terdapat nilai Sig. yaitu 0,00 dan R yaitu 0,413. Nilai tersebut menunjukan bahwa siswa yang memiliki pengetahuan tentang norma tinggi, maka siswa tersebut juga akan memiliki sikap patuh terhadap norma yang tinggi juga. Hasil tersebut memperkuat teori Stimulus Organisme Respons dan Cognitive Affective Consistency. Proses hubungan dijelaskan melalui Elaboration Likelihood Model dan The Assimilation-Contrast theory. 


Keywords


knowledge; civics; norms; attitude; compliance; pengetahuan; kewarganegaraan; norma; sikap; patuh

References


Abdinigrum, A. R., & Supriyadi. (2023). Penguatan Watak Kewarganegaraan Santri di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R Krapyak Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 13–26. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.41016

Angraini, R. D., Arianto, J., Hariyanti, H., & Primahardani, I. (2023). Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 63–76. https://doi.org/10.24114/JK.V20I1.43810

Apriandhini, M., Santi, Y., & Widhi, E. N. (2021). Kesadaran dan Kepatuhan Hukum Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di UPBJJ UT Samarinda. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, dan Budaya, 1(1), 75–83. https://doi.org/10.33830/humaya.v1i1.1869.2021

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bergquist, M., & Nilsson, A. (2019). The DOs and DON’Ts in Social Norms: A Descriptive Don’t‐norm Increases Conformity. Journal of Theoretical Social Psychology, 3(3), 158–166. https://doi.org/10.1002/jts5.43

Bramantyo, R. Y., & Suwarno. (2020). Membangun Kesadaran Hukum dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 124–136. https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.627

Brennan, G., Eriksson, L., Goodin, R. E., & Southwood, N. (2013). Explaining Norms. Oxford: Oxford University Press.

Dewi, M. Y., Sukadi, & Sunu, I. G. K. A. (2020). Korelasi Antara Disiplin Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah dengan Hasil Belajar PPKn di MTs At-Taufiq Singaraja. Jurnal Media Komunikasi, 2(2), 257–266. Diambil dari https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/view/155

Drastawan, I. N. A. (2021). Kedudukan Norma Agama, Kesusilaan, dan Kesopanan Dengan Norma Hukum pada Tata Masyarakat Pancasila. Jurnal Komunitas Yustisia, 4(3), 928–939. https://doi.org/10.23887/jatayu.v4i3.43189

Ghozali, I. (2015). Statistik Non parametrik : Teori dan aplikasi dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gomila, R., & Paluck, E. L. (2020). The Social and Psychological Characteristics of Norm Deviants: A Field Study in a Small Cohesive University Campus. Journal of Social and Political Psychology, 8(1), 220–245. https://doi.org/10.5964/jspp.v8i1.1134

Haryati, S., Al Rasyid, M., & Sugiaryo. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Hirjan. (2020). Studi Tentang Peranan Pembelajaran PPKn Dalam menumbuhkan Kesadaran Hukum pada Siswa SMP. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(1), 60–65.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail, ed.). Depok: Gunadharma Ilmu.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Lestari, Y. S. (2019). Hubungan Antara Disiplin Mematuhi Peraturan Sekolah dan Kemandirian Siswa dengan Hasil Belajar PKn Materi Pelaksanaan Keputusan Bersama Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1), 158–170. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i1.929

Mar’at. (1984). Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Niemiec, R. M., Champine, V., Vaske, J. J., & Mertens, A. (2020). Does the Impact of Norms Vary by Type of Norm and Type of Conservation Behavior? A Meta-Analysis. Society & Natural Resources, 33(8), 1024–1040. https://doi.org/10.1080/08941920.2020.1729912

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permatasari, D. P., Hambali, H., & Primahardani, I. (2022). Studi Perbandingan Persepsi Stigma Teroris Antara Mahasiswa Laki-Laki Dan Mahasiswa Perempuan di Universitas Riau. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 87–101. https://doi.org/10.24114/JK.V19I2.35131

Shulman, H. C., Rhodes, N., Davidson, E., Ralston, R., Borghetti, L., & Morr, L. (2017). The State of The Field of Social Norms Research. International Journal of Communication, 11, 1192–1213.

Slamet, & Mastur, H. (2019). Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat. Tangerang: Loka Aksara.

Suatan, A. T., & Irwansyah, I. (2021). Studi Review Sistematis: Aplikasi Teori Disonansi Kognitif dan Upaya Reduksinya pada Perokok Remaja. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(1), 72–82. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.1556

Suhaida, D., & Rohana, S. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 49–60.

Suparyanto, Y. (2019). Hidup Nyaman dengan Norma. Klaten: Cempaka Putih.

Syafawati, Z. L., & Marzuki, M. (2021). Keterkaitan Pendidikan Karakter dalam Materi Norma dan Keadilan Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 SMP/MTs. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 8(2), 73–84. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15055

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.45723

Article Metrics

Abstract view : 154 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.