Peningkatan Karakter Peserta Didik Berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila di SMPN 12 Gorontalo
Abstract
Abstract
The improvement of student behavior that contradicts the values of Pancasila has become one of the challenges frequently encountered in the field of education. This issue needs to be promptly addressed by the government to safeguard the nation's continuity. The Minister of Education of the Republic of Indonesia has proposed the Pancasila Student Profile Project as an effort to cultivate students who embrace and apply Pancasila values. This research aims to understand the urgency of the Pancasila Student Profile and its implementation in enhancing the character of students at SMPN 12 Gorontalo. The research method employed is qualitative descriptive, utilizing data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. The research findings indicate that the urgency of the Pancasila Student Profile at SMPN 12 Gorontalo lies in its role as a framework for 21st-century character and competencies. The implementation of the Pancasila Student Profile at SMPN 12 Gorontalo encompasses the development of dimensions related to faith, devotion to the One and Only God, and noble behavior; the dimension of cooperation; the dimension of critical thinking; and the dimension of creativity.
--------------
Abstrak
Peningkatan perilaku peserta didik yang bertentangan dengan nilai Pancasila menjadi salah satu tantangan yang kerap terjadi pada dunia pendidikan. Hal ini harus segera diselesaikan oleh pemerintah untuk menjaga kelangsungan bangsa. Menteri Pendidikan RI telah mengusulkan Projek Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya untuk menciptakan peserta didik yang menganut dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk memahami urgensi Profil Pelajar Pancasila dan bagaimana implementasinya dalam meningkatkan karakter peserta didik di SMPN 12 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi Profil Pelajar Pancasila di SMPN 12 Gorontalo adalah sebagai kerangka karakter dan kompetensi abad ke-21. Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMPN 12 Gorontalo meliputi pengembangan dimensi beriman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berperilaku mulia; dimensi gotong royong; dimensi berpikir kritis; dan dimensi kreativitas.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF)References
A’yun, Q., Indriani, S. M., Anugrah, V., Amelia, V., Khoiri, M. M., & Wahyudi. (2022). Penanaman Nilai Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di MTs Al-Ma’arif 03 Singosari. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 59–69. https://doi.org/10.52166/TABYIN.V4I2.194
Adhani, Y., Wantu, S., & Maramis, F. P. (2022). Implementasi Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa Studi Kasus Pada SMP Negeri 12 Gorontalo dan SMP Muhammadiyah 3 Gorontalo. Jambura Journal Civic Education, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i2.16981
Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarka. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113–125. https://doi.org/10.24114/JK.V19I2.36954
Bouti, M. R. (2021). Dikili dan Tolangga: Nilai-Nilai Bimbingan dan Konseling Islam dalam Tradisi Masyarakat Pelita Jaya Bone Raya Gorontalo. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 48–59. https://doi.org/10.29080/jbki.2021.11.1.48-59
Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (A. Fawaid & R. K. Pancasari, penerj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deeming, P., & Johnson, L. L. (2019). An application of Bandura’S Social Learning Theory: A New Approach to Deafblind Support Groups. Journal of the American Deafness & Rehabilitation Association (JADARA), 42(4), 203–209. Diambil dari https://nsuworks.nova.edu/jadara/vol42/iss4/5/
Fauziah, E., & Kuntoro, T. (2022). Modifikasi Intelegensi dan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 49–63. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.694
Hadi, S., Puspita, F., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Penyuluhan dan Pembelajaran Karakter melalui Pelaksanaan Idul Adha Pada Siswa SMA. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 205–210. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1833
Hastangka, H., & Ma’ruf, M. (2021). Metode Pancasila dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 18(2), 115–129. https://doi.org/10.24114/JK.V18I2.23538
Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), 75–90. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2162
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640
Inthaly, A., & Almubaroq, H. Z. (2022). Nilai Praksis Pancasila Sebagai Modal Pengembangan Sumber Daya Manusia Era Society 4.0 dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 76–86. https://doi.org/10.24114/JK.V19I2.33872
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Kamdi, N., Rochintaniawati, D., & Prima, E. C. (2022). Efektivitas Web Based Inquiry Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan dalam Konteks Education Sustainable Development untuk Meningkatkan Kemampuan Berinkuiri dan Kepedulian Lingkungan Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 733–738. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.3.733-738
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Khoerudin, C. M., Alawiyah, T., & Sukarliana, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Teknik Divergent Thinking dan Mind Mapping Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 27–39. https://doi.org/10.24114/JK.V20I1.43785
Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. MANAZHIM, 2(2), 157–171. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.856
Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397
Mustoip, S., Japar, M., & MS, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208–218. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V8I2.33333
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Suardi, M. (2023). Prototipe Model Pembelajaran Adabul Muta’allim Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Journal on Education, 6(1), 5662–5672. https://doi.org/10.31004/JOE.V6I1.3755
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutiyono. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.3
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/JMK.V8I2.8309
Yunus, R., Ngiu, Z., Adhani, Y., & Rifandi. (2023). Penanaman Karakter Kebangsaan Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 800–806. https://doi.org/10.31004/CDJ.V4I1.12493
DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.46035
Article Metrics
Abstract view : 178 timesDOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 134 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Mulyani Patuti, Yuli Adhani, Rasid Yunus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.