Penguatan Partisipasi Siswa Pada Kegiatan Jumat Pagi dalam Membentuk Kewarganegaraan Yang Baik di SMP Negeri 1 Teras

Deviyanthi Putri Hendrawan, Achmad Muthali'in

Abstract


Abstract

The focus of the research is on increasing student participation in Friday morning activities as a means of fostering good citizenship. Participation contributes to activities carried out conscientiously and responsibly; therefore, schools become a vehicle for building the younger generation, particularly in Pancasila and Citizenship Education, which relate to behavior, norms, perspectives, and national values. The focus of the research was on the notion that the Friday morning habituation program increased student participation, which could shape students into good citizens. This study seeks to determine the effect of increased student participation in Friday morning activities on the development of good citizenship. This study employs descriptive qualitative and flow model analysis methodologies. The results of the study indicate that Friday Morning activities can strengthen student participation in developing good citizenship, as indicated by five indicators of participation-strengthening abilities. Several students did not participate and the weather constituted the obstacles. The solutions provided are in the form of scores and motivational, regardless of the weather, students can adopt other indoor-active habits. The conclusion is that student participation in Friday Morning activities at SMP Negeri 1 Teras strengthens the formation of good citizenship.

---------------

Abstrak

Fokus penelitian adalah penguatan partisipasi siswa pada kegiatan jumat pagi dalam membentuk kewarganegaraan yang baik. Partisipasi merupakan kontribusi kegiatan yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab, maka sekolah menjadi wadah dalam membangun generasi muda terutama pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karena berhubungan dengan tingkah laku, norma, pandangan serta nilai kebangsaan. Fokus penelitian melihat adanya penguatan partisipasi siswa setelah diadakannya program pembiasaan jumat pagi yang dapat membentuk siswa memiliki kewarganegaraan yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui penguatan partisipasi siswa pada kegiatan jumat pagi dalam membentuk kewarganegaraan yang baik. Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis model alir. Hasil penelitian bahwa kegiatan Jumat Pagi mampu menguatkan partisipasi siswa dalam membentuk kewarganegaraan yang baik, ditunjukkan dari lima indikator penguatan kemampuan partisipasi. Kendalanya beberapa siswa yang tidak berpartisipasi dan cuaca. Solusi yang diberikan berupa skor dan dorongan motivasi, sedangkan cuaca dapat dialihkan pembiasaan lain yang beraktivitas dalam ruangan. Kesimpulan terdapat penguatan partisipasi siswa melalui kegiatan Jumat Pagi dalam membentuk kewarganegaraan yang baik di SMP Negeri 1 Teras.

 


Keywords


participation; good citizenship; friday morning activities; partisipasi; kewarganegaraan yang baik; kegiatan jumat pagi.

References


Angraini, R. D., Arianto, J., Hariyanti, H., & Primahardani, I. (2023). Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 63–76. https://doi.org/10.24114/JK.V20I1.43810

Azizah, A. R., & Sudarto, E. P. (2021). Minat Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Karangsambung Kecamatan Karangsambung Tahun Ajaran 2019/2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 1(01), 35–44. https://doi.org/10.53863/mor.v1i01.132

Cahyadi, N. (2021). Jumat Pagi di Sekolah. Diambil 15 Agustus 2022, dari Disdik.purwakartakab.go.id website: https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/jumat-pagi-di-sekolah?/berita/detail/jumat-pagi-di-sekolah

Danial, D. W. (2020). Kearifan Lokal Sebagai Filter dari Globalisasi (Studi pada Kearifan Lokal Budaya Pencak Silat di Desa Pasirkarag Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang). Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v6i2.9759

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234–5240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farida, & Rohani. (2021). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Karakter Tanggungjawab di SMA Koperasi Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewwarganegaraan, 5(1), 109–122. https://doi.org/10.31571/pkn.v5i1.2795

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hasni, Sapriya, & Wiyanarti, E. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Social Studies Sebagai Pembentukan Karakter Cerdas Bagi Generasi Muda Pada Era Global. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, 16(1), 86–93. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20501

Ikhtiarti, E., Rohman, Adha, M. M., & Yanzi, H. (2019). Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship melalui Pembelajaran PPKn menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan 2019, 1–14. Diambil dari http://repository.lppm.unila.ac.id/13316/

Ismail, U., Winarno, & Rejekiningsih, T. (2020). Strategi Pendidikan Karakter Melalui Apel Pagi Untuk Membentuk Good Citizen di SMK Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal PPKn: Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 147–159. https://doi.org/10.2019/jppkn.v8i2.81

Iyan, A., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mewujudkan Peserta Didik Yang Cerdas Dan Baik (Smart and Good Citizen). IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(01), 35–46. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i1.20

Kurniawan, I. P. B. (2022). Pergeseran Partisipasi Sosial (Masyarakat) dalam Masa Pandemi COVID-19 (Tinjauan Fenomenologis Individu Selama Pandemi COVID-19). Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 16–32. https://doi.org/10.24114/JK.V19I1.29453

Kuto, N. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate). Attractive : Innovative Education Journal, 5(1), 145–153. https://doi.org/10.51278/aj.v5i1.589

Maharani, I., Efendi, N., & Oktira, Y. S. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090–13098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10699

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4 ed.). Arizona: Arizona State University.

Mumtarin. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Civic Literasi (Studi Analisis Sman 1 Ponorogo) (Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Diambil dari http://eprints.umpo.ac.id/10218/

Naibaho, R. M., Galuh, T., & Utami, S. A. W. (2023). Hubungan Antara Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Sekolah dan Perilaku Prososial Pada Siswa Sekolah Menengah Katolik. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.52110/jppak.v3i1.67

Nisa, C., Sundava, S., & Azizah, I. (2023). Peningkatan Karakter Disiplin melalui Apel Pagi Bagi Siswa SD Muhammadiyah 22 Surakarta. Journal on Education, 6(1), 2023–2035. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3190

Nurhalimah, & Ichas, S. (2017). Implementation of Project Citizen Model to Increase Civic Participation on Civic Education for Elementary School. Antologi UPI, 5(1), 356–367. https://doi.org/10.17509/pgsdcibiru.v5i1.160

Nuriana, D. (2018). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 51–62. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1970

Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z dalam Mewujudkan Good Citizenship di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 4(1), 35–46. https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2574

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era 4.0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 109–114. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4403

Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1052

Rahma, M., Susanti, R., & Melilinda, M. (2023). Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 64–75. Diambil dari http://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/102

Ramadhanti, S., & Handayani, T. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(2), 94–102. https://doi.org/10.24014/ekl.v3i2.10950

Rejeki, S., & Pagasan, A. S. (2019). Civic Paticipation Siswa dan Permasalahannya. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 10–18. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1096

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Sardiyah, N. (2019). Kemampuan Membaca Teks Pidato Sebagai Salah Satu Bentuk Membaca Teknik. Surakarta.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Suprianto, O. (2017). Pengembangan Iklim Organisasi Kemahasiswaan Dalam Meningkatkan Civic Participation Mahasiswa: Studi Kasus terhadap BEM REMA UPI, Senat Mahasiswa FPIPS UPI, dan BEM HMCH (Universitas Pendidikan Indonesia). Diambil dari http://repository.upi.edu/30020/

Treviño, E., Carrasco, D., López Hornickel, N., & Zúñiga, C. G. (2021). A School Effectiveness Approach to Good Citizenship. In Good Citizenship for the Next Generation: A Global Perspective Using IEA ICCS 2016 Data (hal. 67–87). https://doi.org/10.1007/978-3-030-75746-5_5

Triyani, E., & Busyairi, A. (2020). Apel Penguatan Pendidikan Karakter Bentuk Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa SD. Joyful Learning Journal, 9(1), 6–11. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39134

Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136

Wicaksono, G. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Melalui Kegiatan Jumat Ceria dalam Mewujudkan Good Citizen Peserta Didik di SMA Negeri 2 Boyolali (Universitas Sebelas Maret). Diambil dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/94591/

Ziyadi, A. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Bangsa Indonesia. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 265–267. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/27473/




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.46077

Article Metrics

Abstract view : 189 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deviyanthi Putri Hendrawan, Achmad Muthali'in

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.