PENGEMBANGAN MEDIA STORY BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 KELAS III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran story book yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas III SDN 101776 Sampali yang berjumlah 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah media story book. Instrumen mengumpulkan data yaitu angket observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket kepraktisan media oleh praktisi pendidikan, angket respon siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk media pembelajaran story book berdasarkan penlaian ahli materi dan media memperoleh persentase rata-rata sebesar 88,33% dan 92,5% dengan kategori sangat layak. (2) kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian guru 91,6% tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa adalah 90,12% dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil nilai pre-test dan post-test siswa. Nilai pre-test menunjukkan keefektifan hanya pada 48,61% kategori “Tidak Efektif” sedangkan pada hasil nilai post-test mengalami peningkatan menjadi 85,27% kategori “Efektif”. Beradasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran story book berbasis contextual teaching and learning (CTL) ini dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri, & Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Pembelajaran. Jakarat: Rineka Cipta.
Hafid, Add. (2002). Buku Bergambar sebagai Sumber Belajar Apresiasi Cerita di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Jakarta: Persero Penerbit dan Pecetakan
Krissandi, Apri Damai Sagita. (2017). Merancang Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Membaca Anak Yang Berkarakter.
Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat
Pendidikan. (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo. Persada
Masnur Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan. Kontekstual.Jakarta: Bumi Aksara
Mitchell, D., Waterbury, P., Casement, R. (2003). Children's Literature an Invitation to the World. USA: Pearson Education Inc.
Nurgiyantoro, B. (2005) Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia. Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Suryaningsih, Eni & Laila F. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD.Journal Profesi Pendidikan Dasar. 4(2). 113-124
Syafruddin Nurdin dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran; SebagaiRefrensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/jmpsd.v1i1.51214
Article Metrics
Abstract view : 73 timesPDF - 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar
EDITORIAL OFFICE JURNAL MERAH PUTIH SEKOLAH DASAR (JMPSD)
Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221 Email:jurnal_merahputih@unimed.ac.id Administrator Phone: +62-81389140324 | |
---|