PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC SAINS BERBANTUAN COMIC STRIP MAKER PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 060899 MEDAN

Penulis

  • Khairunnisa Matondang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Lidia Simanihuruk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin Zainuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Lala Jelita Ananda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Imelda Free Unita Manurung Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.65597

Kata Kunci:

E-comic, Media Pembelajaran, Comic Strip Maker, IPAS

Abstrak

This study aims to develop E-comic learning media assisted by the Comic Strip Maker application for the IPAS subject in Grade IV at SDN 060899 Medan. The research was conducted in response to the low student motivation and learning outcomes, as well as the limited use of innovative learning media at the school. The study employed the 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Data were collected through observations, interviews, expert validation questionnaires, student response questionnaires, and learning outcome tests. The results showed that the developed E-comic media was considered highly feasible by subject matter and media experts, practical based on student responses, and effective in improving learning outcomes based on the analysis of pretest and posttest scores. This media is recommended as an interactive and engaging alternative for science learning.

Referensi

Armini, S. (2024). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Strategi dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media.

Azmi, R., Mansur, M., & Rafiudin, A. (2024). Media Pembelajaran Abad 21: Inovasi Digital dalam Pendidikan Dasar. Bandung: Alfabeta.

Gunadi, R., Maulana, H., & Salsabila, A. (2023). Media Pembelajaran Digital: Komik Interaktif dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Sinar Grafika.

Juneli, S., Fadilah, L., & Hapsari, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edukasi Anak, 8(1), 33–42.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–81.

Thana, S. & Hanipah, R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Diterbitkan

2025-09-23

Cara Mengutip

Matondang, K., Lidia Simanihuruk, Zainuddin, Z., Lala Jelita Ananda, & Imelda Free Unita Manurung. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC SAINS BERBANTUAN COMIC STRIP MAKER PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 060899 MEDAN. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(1), 08–14. https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.65597

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.