DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING DEVICE WITH BATAK CULTURE BASED COOPERATIVE LEARNING MODELS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhlis, I., Dewi., N., R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan ICT Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1): 86-93.
Azizahwati, Maaruf, Z., Yassin, M. R., Yuliani, E. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY.
Budiyono, S. dan Astuti, P. E. 2017. Desain Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3 (1):75-80.
Danoebroto, S. W. 2012. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan Fondasi dan Aplikasi, 1 (1):94-107.
Darmawa., J., Halim., A., Nur., S. 2013. Metode Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI): 22-33.
Hardoyono, F. 2007. Tinjauan Aspek Budaya pada Pembelajaran IPA: Pentingnya Pengembangan Kurikulum IPA Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 12 (2): 143-163.
Hariri, I. A., Kartimi, Mulyani, A. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Maja. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5 (1): 1-14.
Hutagalung, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 70-77.
Istianah, R., MS., Kasmadi., IS., Widodo., A., T. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajarana Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education,4 (1): 1-10.
Lubis, A., Harahap, M. B., Derlina. 2017. Development of Problem Based Learning Model Based On Batak Culture to Increase Problem Solving Skills and Students’ Adversity Quotient.Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7 (6): 22-28.
Nasution, D., Harahap, P. S., Harahap, M., B. 2017. Development Instrument’s Learning of Physics Through Scientific Inquiry Model Based Batak Culture to Improve Science Proces Skill and Student’s Curiosity.Journal of Physics, 970 (01): 1-9.
Nasution. E. S., Bukit. N., Derlina. 2017.Development of Learning Devices through Cooperative Learning Model Type of Group Investigation Based on Batak Culture to Improve Physics’ Problem Solving Skills and Student’s Teamwork. Journal of Education and Practice, 8 (19): 13-20.
Nurnawati, E., Yulianti. D., Susanto. H. 2012. Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Jurnal Unnes Physics Education Journal, 1 (1):1-7.
Qolbi., F., Kartimi., Roviati., E. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngarot Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Plantae (Studi Eksperimen Kelas X Di SMA N 1 Lohbener. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5 (2): 105-121.
Rahmawati, G., Suprihatiningrum., J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Nilai Kerjasama Dan Hasil Belajar Kognitif Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bambanglipuro Bantul. Jurnal Kaunia, 10 (2):128-140.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdsarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Sudiarman, Soegimin., W., W. Susantini., E. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topik Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4 (2): 658- 671.
Susanti, E. 2015. Nilai-nilai Budaya Batak Toba Sebagai Sumber Pembelajaran IPS dan Proses Pengembangan Wawasan Kebangsaan. Jurnal INDI- Inovasi Didaktik, 1(1):91-113.
Trianjaya., B. 2012. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Teori Di Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) SMKN 2 Yogyakarta Dan SMKN 2 Wonosari. Diambil dari : eprints.uny.ac.id/8498/3/Artikel%20Ilmiah.docx. Diakses 2 januari 2018.
Thiagarajan, Sivasailam., Semmerl, Dorothy S., and Semmel, Melvyn I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Bloomington, Indiana: Indiana University.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.
Yuliyanti, E., Hasan, M., Syukri, M. 2016. Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Penguasaan Konsep Melalui Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02):76-83.
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v8i1.13628
Article Metrics
Abstract view : 296 timesPDF - 366 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rika Sari Indah Harahap, Derlina Nst, Derlina Nst, Zainal Abidin, Zainal Abidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.