ANALISIS KETERCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI LKPD BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO CASE PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

jurubahasa sinuraya, lilis umayak

Abstract


Tujuan penelitian adalah menganalisis ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi m. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan kelas X MIA 4. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data menggunakan persamaan N-gain ternormalisasi untuk mengetahui ketercapaian keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ketercapaian keterampilan proses sains siswa melalui LKPD berbasis saintifik menggunakan media video case pada materi momentum dengan rata-rata persentase penguasaan KPS pada LKPD adalah 78.9 %. LKPD yang digunakan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan keterampilan proses sains siswa yang ditandai dengan nilai rata-rata N- Gain ternornalisasi yaitu sebersar 0.54 yang memiliki kriteria sedang

Keywords


Lembar kerja peserta didik (LKPD), Pembelajaran Saintifik, Keterampilan proses sains, Video case

Full Text:

PDF

References


Chong, V. D., Salleh, S. M., & AiCheong, I. P. (2013). Using an Activity Worksheet to Remediate Students’ Alternative Conceptions of Metallic Bonding. American International Journal of Contemporary Research, 3(11), 39–52.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah. Jurnal Promosi, 3(2), 1–10.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.

Goretti, M., Mudjiman, H., & Haryanto, S. (2014). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 79-92.

Hidayati, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approch) dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 25–29.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 43–54.

Kartowagiran, B., & Wuryanti, U. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245.

Khaerunnisa. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 340–350.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35.

Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nahum, tami L., Naaman, R. M., & Avi, H. (2007). Developing a New Teaching Approach for the Chemical Bonding Concept Aligned With Current Scientific and Pedagogical Knowledge. Journal Department of Science Teaching, The Weizmann Institute of Science, 1, 579–603.

Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains, 4(2), 74–94.

Purnamasari, P., An’nur, S., & Salam, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran REACT Pada Materi Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209–221.

Qurotul, D., Sukarmin, & Suparmi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Modified Free Inquiry dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Keterampilan Proses sains. Jurnal Inkuiri, 4(1), 1–10.

Rahayu, H., & Poppy, A. (2017). nalisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 22–33.

Rokhimawan, M. A. (2016). Pengembangan Lkm Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 1–12.

Sijaya, I., Yani, A., & Ma’ruf. (2017). Peranan Media Presentase Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Kab. Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 328–341.

Sinuraya, J., Wahyuni, I., & Panggabean, D. D. (2016). Relationship Analysis Icare-Oriented Students Worksheet Development With Learning Styles To Improve Learning Outcomes. Advances In Social Sciences Research Journal, 5(9), 324–331.

Suryandari, Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 5(1), 85–94.

Yulia, I., Connie, & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64–70.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.14100

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 jurubahasa sinuraya, lilis umayak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.