EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI INTERFERENSI CELAH GANDA
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai dalam proses pembelajaran Fisika. Keterampilan pemecahan masalah perlu dimiliki peserta didik yang mempelajari Fisika. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi interferensi celah ganda. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 33 Peserta didik XI IPA SMAN 1 Cilimus tahun ajaran 2020/2021 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu LKPD berbasis PBL dan lembar instrumen soal pretest-posttest keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan effect size, N-Gain, dan uji t dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) secara signifikan efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi interferensi celah ganda
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade, A., Putri, A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Peserta didik Kelas Iii Sd. 1(1), 21–32.
Amalia, Y. D., Asrizal, & Kamus, Z. (2014). Pengaruh Penerapn LKS Berorientasi Pembelajaran Berbasisi Maslah Terhadap Kompetensi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang. Pillar of Phyisics Education, 4(November), 17–24.
Andriani, D. (2016). Efektivitas Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Lks Tema Gerak Terhadap High Order Thinking Skill Peserta didik SMP. Skripsi.
Komang Werdhiana, N. I., Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako Jl Soekarno Hatta Km, P., Bumi Tadulako Tondo Palu -Sulawesi Tengah, K., & Kunci, K. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING LABORATORY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KALOR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 PALU. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) (Vol. 3, Issue 2).
Dotsika, E. F. (2012). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Disertai Lks Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika Di Smp. 231–237.
Hamidah, N., & Haryani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223.
Hidayat, T. (2014). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Model Problem Solving Polya Pada Konsep Fluida Dinamis Terhadap Kemampuan Menganalisis Peserta didik. Jurnal Gamaedu, 3(2), 111–121.
Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1), 5–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Laili, F., & Lufri, L. (2019). Assistance of Student Worksheets Based Problem Based Competence. 2014, 118–123.
Nidyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Fisika Sma Kelas Xi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8279
Nurjannah, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Peserta didik pada Pembelajaran Fisika di SMPN 1 Pante Ceureumen Aceh Barat. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2597/
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 76–86.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492–499. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.17546
Susilowati, S. M. E. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Kreasi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMA. Satya Widya, 33(2), 154–164.
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v10i1.24763
Article Metrics
Abstract view : 938 timesPDF - 1017 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rhifa Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.