TINGKAT AKURASI APLIKASI SMART LUX METER SEBAGAI SOLUSI PERCOBAAN MANDIRI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

RAHEL REHUELLA MARPAUNG, NENG NENDEN MULYANINGSIH, RUM SAPUNDANI

Abstract


Hingga tulisan ini disusun, pandemi COVID-19 masih terus berlangsung, sementara proses pembelajaran harus terus berjalan, termasuk juga praktikum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat akurasi percobaan yang dilakukan secara mandiri dengan studi kasus pada pengukuran kuat terang cahaya. Metode yang digunakan yaitu melakukan pengukuran terhadap 2 sumber cahaya yaitu lilin dan senter handphone yang dilakukan pada variasi jarak 15 cm, 30 cm dan 45 cm, dengan menggunakan aplikasi smart lux meter. Hasil penelitian dibandingkan dengan rumus kuat penerangan yang sudah standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percobaan yang dilakukan secara mandiri, dengan menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone, mempunyai tingkat akurasi yang tinggi, dengan nilai akurasi pengukuran kuat terang cahaya lilin dan cahaya senter handphone masing-masing sebesar 84,05% dan 83,32%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa percobaan yang dilakukan secara mandiri dengan menggunakan aplikasi smart lux meter mempunyai tingkat akurasi yang tinggi dan dapat digunakan sebagai solusi untuk kegiatan praktikum selama pembelajaran jarak jauh.

Keywords


COVID-19; Practicum; Smart lux meter application; Distance learning

Full Text:

PDF

References


Abdollahi, R. (2021). Design of lighting system for sacred places with the approach of improving technical and economic conditions. Ain Shams Engineering Journal, 12(3), 2899–2905. https://doi.org/10.1016/j.asej.2021.02.021

Belany, P., Hrabovsky, P., & Kolkova, Z. (2021). Combination of lighting retrofit and life cycle cost analysis for energy efficiency improvement in buildings. Energy Reports, 7, 2470–2483. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2021.04.044

Cho, Y., Seo, J., Lee, H., Choi, S., Choi, A., Sung, M., & Hur, Y. (2020). Platform design for lifelog-based smart lighting control. Building and Environment, 185. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2020.107267

Dólera-Moreno, C., Palazón-Bru, A., Colomina-Climent, F., & Gil-Guillén, V. F. (2020). Construction and internal validation of a new mortality risk score for patients admitted to the intensive care unit. International Journal of Clinical Practice, 70(11), 916–922. https://doi.org/10.1111/ijcp.12851

Hartati, W., & Suprijadi, S. (2011). Pengembangan Model Pengukuran Intensitas Cahaya dalam Fotometri. Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, 2(2), 87. https://doi.org/10.5614/joki.2010.2.2.3

Ibañez, C. A., Zafra, J. C. G., & Sacht, H. M. (2017). Natural and Artificial Lighting Analysis in a Classroom of Technical Drawing: Measurements and HDR Images Use. Procedia Engineering, 196, 964–971. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2017.08.037

Ingram, G. L., Zhao, Y. B., & Lu, Z. H. (2019). Exciton-triggered luminance degradation of organic light-emitting diodes. Organic Electronics, 69, 160–163. https://doi.org/10.1016/j.orgel.2019.03.023

Kong, Z., & Jakubiec, J. A. (2021). Instantaneous lighting quality within higher educational classrooms in Singapore. Frontiers of Architectural Research, 10(4), 787–802. https://doi.org/10.1016/j.foar.2021.05.001

Pamungkas, M., Hafiddudin, H., & Rohmah, Y. S. (2015). Perancangan dan Realisasi Alat Pengukur Intensitas Cahaya. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 3(2), 120. https://doi.org/10.26760/elkomika.v3i2.120

Purwanto, E., Mulyaningsih, N. N., Saraswati, D. L., Sari, T. A., Ningsih, R., & Wiyanti, E. (2021). Measurement of Sound Noise Levels and Light Exposure in the Bedroom to Minimize Health Problems. In Proceeding of International Conference in Education, Science and Technology, 23–29.

Setiawan, B., & Hartanti, G. 2014. Pencahayaan Buatan pada Pendekatan Teknis dan Estetis untuk Bangunan dan Ruang Dalam. 5(9), 1222–1233.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.25777

Article Metrics

Abstract view : 1507 times
PDF - 5012 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 RAHEL REHUELLA MARPAUNG, NENG NENDEN MULYANINGSIH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.