PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF HUKUM NEWTON BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SMA

Diana Anjar Wati, Lukman Hakim, Linda Lia

Abstract


Pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan peserta didik belajar dari rumah sehingga diperlukan penyajian bahan ajar berupa LKPD yang interaktif agar kegiatan ilmiah tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA yang valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian pengembangan menggunakan model penelitian Rowntree. Model penelitian Rowntree memiliki tiga tahapan yaitu: perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Bina Jaya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA dinyatakan valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif (n-gain 0,58 pada tingkat sedang) dan motivasi belajar (rata-rata 49,8 pada tingkat sedang), sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran.

Keywords


E-LKPD interaktif, live worksheets, mobile learning

Full Text:

PDF

References


Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.729

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, (September), 122–130. Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://doi.org/doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62

Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004

Asfar, N., & Zainuddin, Z. (2015). Secondary Students’ Perceptions of Information, Communication and Technology (ICT) Use in Promoting Self- Directed Learning in Malaysia. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(4), 67–82.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. JPPPK - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.03108

Batubara, A. K., & Firduansyah, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau. Elementary School Journal, 10(3), 156–164.

Candra, D., Tendri, M., & Rizta, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Segiempat Berbasis Tahap Teori Van Hiele di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 32–43.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress 2014, 2(6), 1–6. Manila: De La Salle University.

Fernandez, V. G. (2017). About this website. Retrieved February 27, 2021, from liveworksheets.com website: https://www.liveworksheets.com/

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods. American Journal of Physics, 66, 64–74.

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1739

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648

Isnaini, M., Sabaryati, J., & Fadillah, A. (2019). Pengembangan LKS G-JKO Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Siswa MTs Al-Raisiyah Mataram. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 23–32. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/896/776

Kamasi, N. V. V., & Saruan, T. J. (2020). Mobile Learning (M-Learning) Based Learning Application Design for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sains, 20(2), 70–77. https://doi.org/10.35799/jis.20.2.2020.27877

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Questionnaire Information System Measurement of the Need for Additional Learning Materials to Support Decision Making in High Schools Using a Likert Scale Skala. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1(2), 1–12. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/download/829/680

Nasriyati, C., Safrida, & Hasanuddin. (2017). Pengaruh Pengembangan LDKP Berbasis Komik terhadap Motivasi Belajar pada Materi Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Seminar Nasional II USM, 1, 186–192. Aceh: Universitas Serambi Mekkah.

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidkan, 5(1), 61–66.

Palupi, E. L. W., & Patahuddin, S. M. (2010). Pengembangan Mathematics Mobile Learning Application (MMLA)-Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Untuk Siswa SMP Kelas 8. The 2 Nd South East Asian Conference on Mathematics and ITS Aplications (SEACMA-2), (November), 1–8. Surabaya.

Rachmasari, M., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019, VIII, SNF2019-PE-223–232. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.28

Reynawati, A., & Purnomo, T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Pendidikan Sains, 6(02), 325–329.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Sania, L., Syuhendri, S., & Akhsan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Perubahan Konseptual Materi Fisika Dasar Topik Kinematika. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 43–50. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.43-50

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuatitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D) (3rd ed.; A. Nuryanto, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sya’idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan E-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry in Education, 9(1), 1–8.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations (1st ed.). London: Kogan Page.

Ulfah, A., Bintari, S. H., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2), 239–244. https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2030

Warsita, B. (2010). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 62–73. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(April), 1–12. https://doi.org/10.24042/jipf%20al-biruni.v6i1.581

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 (1st ed.; N. Ibrahim & D. Sidik, Eds.). Jakarta: Kencana.

Zubair, A., & Darusman. (2018). Pengembangan LKS Model Fisika Ceria sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa. DIKORA: Jurnal Pendidikan Humaniora, 01(01), 8–14. Retrieved from https://jurnal.habi.ac.id/index.php/DIKORA/article/view/32/34




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.26567

Article Metrics

Abstract view : 2197 times
PDF - 2593 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Diana Anjar Wati, Lukman Hakim, Lukman Hakim, Linda Lia, Linda Lia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.