EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK PRAKTIKUM FISIKA UMUM PADA MAHASISWA FMIPA UNIMED SAAT PANDEMIC COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.29107Keywords:
, Efektivitas, Praktikum, Online, Laboratorium Virtual, Fisika Umum.Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas penggunaan laboratorium virtual untuk praktikum fisika umum di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Untuk melihat tingkat efektivitas penggunaan laboraotrium virtual digunakan metode deskriptif dengan menerapkan pendekatan kuesioner (angket). Laboratorium Virtual mempermudah mahasiswa untuk melakukan praktikum fisika umum selama pembelajaran online. Media laboratorium virtual untuk praktikum fisika umum cukup efektiv. Kondisi ini dapat dilihat dari tanggapan responden terhadap video praktikum dan efektivitas penggunaan laboratorium virtual yang digunakan pada praktikum fisika umum. Hasil ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian selanjutnya dan menjadi rujukan untuk perbaikan. Sehingga laboratorium virtual fisika umum dapat dipergunakan pada pembelajaran online dan tatap muka (blended learning).References
Aziz, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma.
Gunawan, G., Nisrina, N., Suranti, N. M. Y., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. (2018). Virtual Laboratory to Improve Students™ Conceptual Understanding in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012049
Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students™ science process skills on heat concept. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345
Hapsari, A. S., Rohim, I. R. F., & Zahrah, Q. F. (2021). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1190
Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a
Irungu, N. ., Melea, K. ., & Enos, B. (2016). Relationship between Ageing and Self-Worth of the Elderly in Maina Village, Nyahururu, Kenya. Jurnal Research on Humanities and Social Sciences.
Liem, I. (2010). Pemodelan Laboratorium Virtual Sains. Seminar Nasional Politeknik Batam 2010.
Rizki, I. A. (2021). Eksperimen dan Respon Mahasiswa Terhadap Praktikum Fisika Non-Laboratorium Menggunakan Aplikasi Tracker Video Analysis Untuk Percobaan Kinematika Gerak. Journal of Teaching and Learning Physics.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Solikhin, F., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2019). A need analysis in developing virtual laboratory according to the chemistry teachers. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012020
Å pernjak, A., & Å orgo, A. (2018). Differences in acquired knowledge and attitudes achieved with traditional, computer-supported and virtual laboratory biology laboratory exercises. Journal of Biological Education. https://doi.org/10.1080/00219266.2017.1298532
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.
Syahfitri, F. D., Manurung, B., & Sudibyo, M. (2019). The Development of Problem Based Virtual Laboratory Media to Improve Science Process Skills of Students in Biology. International Journal of Research and Review.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fauziyah Harahap, Irham Ramadhani, S.Pd., M.Pd, Budiman Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.