PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN SISTEM BELAJAR SHIFT DI SMA

Restika Octapiani, Desy Hanisa Putri, Andik Purwanto

Abstract


Model kooperatif NHT merupakan jenis pembelajaran kelompok yang dapat mempengaruhi bagaimana siswa berinteraksi di dalam kelas. Proses pembelajaran di masa new normal covid-19 dilakukan secara tatap muka terbatas dengan sistem belajar shift. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada pembelajaran fisika dengan sistem belajar shift. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Populasi penelitian terdiri atas 178 orang siswa yang berasal dari kelas XI MIPA. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian yaitu purposive sampling. Persamaan Slovin dengan tingkat keyakinan 90% dan kesalahan 10% digunakan untuk mencari jumlah sampel siswa. Jumlah sampel dengan perhitungan menggunakan persamaan Slovin berjumlah 65 orang siswa. Instrumen penelitian yaitu angket berisi 26 pernyataan. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan software IBM SPSS 25 dengan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data pada penelitian didapatkan kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran fisika dengan sistem belajar shift berada pada kategori sangat positif.


Keywords


Persepsi Siswa, Numbered Head Together, Pembelajaran Fisika, Sistem Belajar Shift

Full Text:

PDF

References


Adhitama, Septyan Wahyu. 2016. Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran Aktivitas Air di SMP Negeri 2 Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta.

Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg . 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi, VII, Vol. 7, No. 1, 583-592.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. iq (ilmu al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chairunnisa. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Guru Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Smk Al-Hidayah Ciputat. In Jurnal.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Ekaningtyas, S. W. (2016). Pengaruh Sistem Shift Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan Bagian Operator Di SPBU Baratan Jember. In Psikologi. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/78603/Septika Wahyu Ekaningtyas_.pdf?sequence=1

Fajar Kurniati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Dengan Menggunakan Media Visual Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 95–101.

Faridatul Rofiqoh , I Ketut Mahardika, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203–203. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2637

Firdaus, M. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) DITINJAU DARI. 6(2), 93–99.

Hakim, A., & Dayuani, R. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dan Model Konvensional Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 7-12.

Haniyah, L. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2–10.

Joyosemito, I. S., & Nasir, N. M. (2021). Gelombang Kedua Pandemi Menuju Endemi Covid-19: Analisis Kebijakan Vaksinasi Dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.31599/jstpm.v2i1.718

Lubis, Fitri Mawaddah., & Mara. B. H. (2015). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Menggunakan Media Simulasi Phet Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 35-40.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016

Melinda, S., Purwanto, A., & Putri, H. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Tingkat SMA dalam Pembelajaran Fisika secara Online. 5(3).

Muliyani, & Hartin. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits Di MTs PESRI Kendari Muliyani. Shautut Tarbiyah, 35(November), 104–117.

Noval, A., & Nuryani, L. K. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(2), 201–220. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/10509/5083

Rahmanita. 2017. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di Kelas X MAN 2 Aceh Barat. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach.Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021). Grafik Jumlah Kasus Aktif, Kasus Sembuh, dan Kasus Meninggal Covid-19. Diakses pada 6 November 2021, dari https://covid19.go.id/

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sofyan, Y., & Agustang, A. (n.d.). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. 158–166.

Sudijono, Anas. (1999). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536

Wahyuni, S., AR,M., & Susanna. (2016). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2.

Wijanarko, A., Setiawan, Y., Efendi, R., Supratman, J. W., Limun, K., & Bengkulu, K. (2021). Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Pada Fase New Normal Melalui Literasi Media Di Sdit Iqra 1 Bengkulu. Abdi Reksa, 2(1), 51–58. www.ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa

Yogie, Redho Kairiusta. (2021). Dampak Sistem Pembelajaran Shift Bagi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Ips 2 Di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Sarjana thesis, STKIP PRGI Sumatera Barat.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.29181

Article Metrics

Abstract view : 389 times
PDF - 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Restika Octapiani, Desy Hanisa Putri, Andik Purwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.