PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN

Asneli Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA SWASTA UISU Medan T.P 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta UISU yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,138 > ttabel = 1,667 sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMA Swasta UISU.

Keywords


model pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Gelora. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Besaran dan Satuam di SMA SWASTA Santo Thomas 3 T.P.2008/2009. Medan: Unimed

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNS.

Joyce, B. dan Weil, M. 1980. Models ofTeaching. New Jersey: Prentice-Hall, Englewood Clipffs.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit

Rineka Cipta.

Slavin,R.E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3378

Article Metrics

Abstract view : 5962 times
PDF - 6361 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.