PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK BESARAN DAN PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BALIGE

Andar M. Hutagalung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Fisika siswa yang diterapkan model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada materi pokok Besaran dan Pengukuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige semester I tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yang homogen dari semua kelas populasi yaitu kelas XE (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XF (Sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 40 orang. Dari hasil uji t diperoleh untuk postes thitung = 5,303 sedangkan ttabel = 1,994 karena thitung > ttabel (5,303 > 1,994) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar
Fisika siswa pada materi pokok Besaran dan Pengukuran di SMA Negeri 1 Balige.

Keywords


model pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Atmadi. 2009. Transformasi Pendidikan (Memasuki Millenium Ketiga). Yogjakarta: Kanisius.

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimiyanti dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi KBK. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group. Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3380

Article Metrics

Abstract view : 739 times
PDF - 783 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.