PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 BINJAI
Abstract
pembelajaran peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Binjai T.A 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen two group pretest postest design. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,89 dan kelas kontrol 36,66. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran metode peta pikiran sebesar 80,33 sedangkan siswa dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 64,66. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas dengan metode peta pikiran diperoleh rata-rata 77,5 dengan kategori nilai cukup aktif. Hasil uji-t diperoleh thitung = 6,74 dan ttabel = 1,66 pada taraf nyata a = 0,05 dan dk = 70 dimana thitung > ttabel, ini berarti ada pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Binjai T.A 2009/2010.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, T. 2004. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Deporter, B., dkk. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Windura, S. 2009. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3382
Article Metrics
Abstract view : 648 timesPDF - 338 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.