THE EFFECT OF INQUIRY TRAINING LEARNING MODEL USING MACROMEDIA FLASH AND CREATIVE THINKING ABILITY ON SCIENCE PROCESS SKILLS OF STUDENT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Azizah, A. & Parmin. 2012. Inquiry Training untuk Mengembangkan Keterampilan Meneliti Mahasiswa. Unnes Science Educational Journal ESEJ, 1(1) : 1-11
Damanik, D.P. & Bukit, N. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika, 2(1) : 16-25
Deta, U.A., Suparmi & Widha, S. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika 9 : 28-34
Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ergul, R., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., Sanli, M. 2011. The Effect of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Students’ Science Process Skills and Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1) : 48-67
Hussain, A., Azeem, M. & Shakoor, A. 2011. Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19): 269-276
Joyce, B. & Weil, M. 2003. Models of Teaching (5th Ed). New Delhi: Privite Limited.
Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan). Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusuma, S.P. 2014. Pengaruh Motode Pembelajaran dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah. 3(2): 1-10
Malau, R. A. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 1 Sidamanik. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana UNIMED Medan
Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru Dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ngatiqoh, S, Sriyono, & Ngazizah, N. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berpikir terhadap Prestasi Belajar IPA (Fisika) Kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012, 1(1) : 24-27
Pandey, A., Nanda, G.K., & Ranjan V. 2011. Effectiveness of Inquiry Training Model over Conventional Teaching Method on Academic
Achievement of Science Students in India. Journal of Innovative Research in Education, 1(1) : 7-20
Rahayu, E., Susanto, H. & Yulianti, D. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil
Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 : 106-110
Ramadhani, I. 2015. Efek Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Think Talk Write dan Kreativitas Ilmiah terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana UNIMED Medan.
Sani, R.A. 2012. Pengembangan Laboratorium Fisika. Medan: Unimed Press
Semiawan, C.R. 2010. Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: PT Indeks
Subagyo, Y., Wiyanto & Marwoto, P. 2009. Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5: 42-46
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyudin, Sutikno & Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6: 58-62
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3701
Article Metrics
Abstract view : 914 timesPDF - 459 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.