Cover Image

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Lizar Fitri, Elmi Mahzum, Abdul Hamid

Abstract


Pembelajaran fisika guru menggunakan metode/model yang bervariasi dan pada akhir bab guru melakukan evaluasi dengan menggunakan metode konvensional, Namun pelaksanaan ujian tidak terawasi dengan baik, maka terbuka peluang siswa saling berbagi (kecurangan). Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan Aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran yang ditinjau dari kemampuan kognitif peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan design one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel acak (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 35 soal pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz Efektif digunakan sebagai sarana evaluasi pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif peserta didik.

Keywords


Efektivitas, Aplikasi Quizizz, Kemampuan Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Gusvita, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Aplikasi Quiziz pada Era Covid-19. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), 16-27.

Hake, R.R., & Reece, J. (1999). Analyzing Change/Gain Scrores.

Kusuma, Y. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (online) Fisika pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Sanata Dharma University.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Mu’awanah, R. A. (2020). Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih pada Materi Salat Jamak, Salat Qashar dan Salat Jamak Qashar di MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Nasikh, M. (2021). Efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs Negeri 4 Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Quddus, Abdul dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Laboratorium Nyata Dan Laboratorium Virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 (1) : 122 -125.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2011), h. 221

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347-356.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.38115

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 lizar fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.