Cover Image

PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI USAHA DAN ENERGI

Deo Demonta Panggabean, Stephanie Sisilia Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis problem based learning dan mengetahui tingkat kelayakan serta kepraktisan dari e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan 4D Models oleh Thiagrajan yang telah dimodifikasi. Subjek penelitian adalah kelas X Mipa 1 yang terdiri dari 35 siswa. Hasil penelitian berupa e-modul fisika materi usaha dan energi berbasis problem based learning. Hasil uji kelayakan e-modul oleh ahli media yang terdiri dari empat komponen penilaian memproleh nilai sebesar 87% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media dengan satu komponen penilaian yang terdiri dari 26 soal memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli pembelajaran yang terdiri dari lima komponen penilaian memperoleh nilai 82% dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan e-modul  diperoleh berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang terdiri dari empat komponen penilaian memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat praktis.

Keywords


E-Modul, Problem Based Learning, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Faradilla, D., Nurulwati., Wahyuni,A. (2021). Kendalakendala dalam Pembelajaran Fisika secara Daring pada SMA Negeri di Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(7):1164-1171

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1):25–32.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita, N. Bukit, & M. Sirait. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1): 57-67.

Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1):72-81

Panggabean, D., & Irfandi. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Mata Kuliah Fisika Umum 1. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(1): 44-49

Polya,G.(1947)."How To Solve 1,2nd Ed". New Jersey:Pricenton University Press.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ramadhanti, R., Mastuang, M., & Mahardika, A. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Topik Elastistas Menggunakan Model Pengajaran Langsung untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2): 65.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan. Kisaran: Universitas Asahan.

Sari, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Sma N 5 Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Bebasis E-modul Pada Materi Momentum.Jurnal Kumparan Fisika.3(1):33-40.

Simarmata, Y.P., & Sirait, M. (2019). The effects of problem based learning model on problem solving skills in the subject matter of momentum and impulses. Journal of Physics: Conf. Series 1317 (2019) 012171

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujana, H. A., & Sopandi, P. . W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.38467

Article Metrics

Abstract view : 479 times
PDF - 426 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Deo Demonta Panggabean, Stephanie Sisilia Sembiring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.