Cover Image

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DI SMA

Dede Parsaoran Damanik, Rameyanti Tampubolon, Ika Trisni Simangunsong

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di SMA. Jenis Penelitian merupakan tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melaui pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, penilaian hasil belajar dilakukan dengan evaluasi yakni melaksanakan ulangan formatif di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktiaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu pada siklus I dengan jumlah persentase aktivitas 43,98%, pada siklus II dengan jumlah persentase aktivitas meningkat menjadi 62,52% dan pada siklus III meningkat menjadi 78,21%. Peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran diiringi dengan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa tiap akhir siklusnya, dimana pada siklus I nilai rata-ratanya 57,31, meningkat pada siklus II menjadi 66,23 dan pada siklus III juga meningkat menjadi 75,26. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.

Keywords


Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran PQ4R

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Pustaka Pelajar.

Dimyati, dan M. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Pertama). Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Mukminan. (2004). Pembelajaran Tuntas. Depdiknas.

Nasution, S. (2004). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bumi Aksara.

Nur, M. W. R. (2004). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstuktivis dalam Pengajaran. Universitas Negeri Surabaya.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.44493

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Dede parsaoran Damanik, Rameyanti Tampubolon Rameyanti Tanpubolon, Nani Sri Rezeki Nani Sri Rezeki, Deo Demonta Deo Demonta panggaben

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.