PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 12 PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420
Adnyani, W., Pujani, & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17172
Apriani, D., Sujana, A., & Kurnia, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 781–790.
Bachri, S., Universitas, P. G., & Malang, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, 4, 268–272.
Darwis. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5, 15–24.
Desty Sugiharti, S., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573
Dewi, A. P., Efendi, R., & Sasmita, D. (2021). Efektivitas Integrasi Asesmen Formatif Feedback Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 1–5.
Dwi, I. M., & Adnyana, M. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif (Issue June).
Farina, D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Fisika Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. 288–295.
Fatimatuzzohrah, S., A. Wahab Jufridan, & Mertha, I. W. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pijar MIPA, 15(4), 351–356. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1653
Handayani, L. F. (2018). Identifikasi Model Mental Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi di SMAN 1 Bandongan. 14690032.
Haqiqi, A. K., & Sa’adah, L. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 39. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.4044
Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak suatu Benda “ Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap. PEDADIDAKTKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127–139.
Imaniyah, I., Siswoyo, & Bakri, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1192
Kemendikbud. (2017). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013.
Manalu, S. N., Motlan, & Siregar, N. (2018). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Macromedia Flash Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).
Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2018). Efek Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 118–123. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Maskur, R., Latifah, S., Pricilia, A., Walid, A., & Ravanis, K. (2019). The 7E learning cycle approach to understand thermal phenomena. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 464–474. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.20425
Maulina, L. A., Kantun, S., & Kartini, T. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2017 / 2018 ). 35–39.
Muawannah. (2020). Tipe Hasil Belajar. Repository.Iainkudus.Ac.Id, 1(69), 5–24. http://repository.iainkudus.ac.id/3814/5/5. BAB II.pdf
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom : Kognitif , afektif , dan psikomotorik. 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Pebriana, L. (2019). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 MAN 2 Malang Kota Batu.
Sare, Y. G., & Budhi, W. (2017). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Prestasi. 37–42.
Siswanto, S., & Amanah, N. (2022). Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(2), 72–80. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i2.5679
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Swadana, A. P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Usaha Dan Energi Berbasis Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMA. 8(5), 55.
Umayak, L. (2021). Analisis Ketercapaian Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui LKPD Berbasis Saintifik Menggunakan Media Video Case Pada Materi Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 99–103.
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.
Yanto, H., & Putra, A. (2020). Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Persepsinya Terhadap Pembelajaran Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di Kelas X SMA Di Kota Padang. 13(1), 105–112.
Zetriuslita, & Alzaber. (2020). Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar). Community Education Engagement Journal, 2(1), 30–37.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.45457
Article Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 95 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 pani dwi putri, Pani Dwi Putri, Pani Dwi Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.