DESAIN E-MODUL FISIKA BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBANTUAN COMPUTER-ASSISTED FEEDBACK PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina, A., Taqwa, M. R. A., & Suyudi, A. (2021). Pengembangan Program Resitasi Berbantuan Komputer pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2588
Bakri, F., Muliyati, D., & Nurazizah, I. (2018). Website E-Learning Berbasis Modul: Bahan Pembelajaran Fisika Sma Dengan Pendekatan Discovery Learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 90. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10947
Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, A. H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 113. https://doi.org/10.21009/1.02215
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077
Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548
Kemendikbud Ristek. (2019). Data Penilain UN 2019 SMA Se-Indonesia. Https://Npd.Kemendikbud.Go.Id.
Kurniawan, R., & Syafriani, S. (n.d.). The preliminary study in the development of e- Physics module integrated ethnoscience The preliminary study in the development of e-Physics module integrated ethnoscience. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012056
Liew, C.-W., & Treagust, D. F. (1998). The Effectiveness of Predict-Observe-Explain Tasks in Diagnosing Students' Understanding of Science and Identifying Their Levels of Achievement. Annual Meeting of the American Educational Research Association., 224–234. http://eric.ed.gov/ERICWebPortal/contentdelivery/servlet/ERICServlet?accno=ED420715
Mardyansyah, Y., Asrizal, & Yulkifli. (2013). Pembuatan Modul Fisika Berbasis Tik Untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa Sman 10 Padang Kelas X Semester 1. Pillar of Physics Education, 1(April), 30–38.
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampiln Proses IPA. 5.
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056
Putri, N., Junaidi, E., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2729
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24
Relin Pandalis Pakaya, dan M. P. (2018). Penerapan modul pembelajaran Predict-Observe-Explain pada topik suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. 25, 139–144.
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830
Suhendar, A., Jatmiko, A., & Supriyadi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Biologi Kelas XI di MAN 1 Lampung Utara.
Sundari, P. D., & Dewi, W. S. (2021). Interactive recitation methods as a solution to the students’ deepening physics material during the Covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012071
Suryawirawati, I. G., Ramdhan, B., & Juhanda, A. (2018). Analisis Penurunan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Pemanasan Global Dengan Tes Diagnostik (Two-Tier Test) Setelah Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe). Journal Of Biology Education, 1(1), 93. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i1.3361
Sutopo, Jayanti, ida bagus, & Wartono. (2016). Efektivitas Program Resitasi Berbasis Komputer Untuk. 111–119.
Tri Ajeng Rahmawati, Z. A. I., & Supardi, E. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dengan Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.46342
Article Metrics
Abstract view : 355 timesPDF - 441 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 NABILAH IKRIMAH AYANI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.