ANALISIS ASPEK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Barcelona, A. B. (2020). An analytic hierarchy process for quality action researches in education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 517–523. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20626
Ermiyanto, E., B.S, I. A., & Ilyas, A. (2023). Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. Manazhim, 5(1), 166–177. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2845
Farina, D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Fisika Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Universitas Lampung Negeri Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7564/1/Skripsi Full.pdf
Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2021). The Development of a Four Tier-Based Diagnostic Test Diagnostic Assessment on Science Concept Course. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012069
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217–232. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103286
Huda, T. A. (2021). Kemampuan Awal Peserta Didik Dalam Menentukan Minat dan Bakat. Elsevier.
Istiyono, E. (2022). Diagnostic Tests as an Important Pillar in Today’s Physics Learning: Four-tier Diagnostic Test a Comprehensive Diagnostic Test Solution. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012001
Kadir, F., Permana, I., & Qalby, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Sma Pgri Maros. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91–95. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.538
Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). SCIENING: Science Learning Journal. Science Learning Journal, 3(1), 14–21.
Li, L., Huang, F., Chen, S., Pan, L., Zeng, W., & Wu, X. (2020). Exploring the curriculum development in content and language integrated learning: A systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1102–1113 .https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20705
Lingga, A. M., Kantun, S., & Kartini, T. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018). Jurnal Edukasi, 5(1), 35–39.
Listanti, F., & Imami, A. I. (2023). Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Analysis of the Mathematical Self-Concept of Junior High School Students on Mathematics Learning Outcomes. Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika (2022), 399.
Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual Menggunakan PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 83–92.
Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2021). Profile of student misconceptions: Limited scale trial of diagnostic assessment development based on science literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052080
Mayasari, H., & Br. Ginting, A. A. (2023). Analisis Sikap Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(4), 82–85. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i4.513
Muawannah. (2020). Tipe Hasil Belajar. Repository.Iainkudus.Ac.Id, 1(69), 5–24. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3814/5/5. BAB II.pdf
Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876
Rahayu, R. (2022). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Di Sekolah Dasar. Pendidikan Nilai Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, II(3), 1–8. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7061
Rahman, K., & Ririen, D. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kebijakan Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1815–1823.
Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.
Silseth, K., & Erstad, O. (2022). Exploring opportunities, complexities, and tensions when invoking students’ everyday experiences as resources in educational activities. Teaching and Teacher Education, 112, 103633. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103633
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D (Cetakan Ke-29). Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Suryanti, T. (2018). Pengembangan tes diagnostik kognitif mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 165. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3396
Suseno, I. (2019). Analisis Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Tes Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 539–546.
Syam Fuadil, M. (2023). Pelaksanaan Asesment Diagnostik Non-Kognitif: Gaya Belajar di SMPN 1 Batusangkar. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 18, 1–7.
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Cet. 1). Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Wahyuni, H. S. (2023). Efektivitas Pemberian Asesmen Diagnostik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Siswa Kelas 7C SMPN 1 Jabung Semester 2 Tahun. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 3(56), 265–272.
Zulkarnain, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.55237
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Amrina Yusra Yusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.