Cover Image

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBNG TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH

Ade line, Siti Hajar, Muhammad Akbar, Paulus Gatot Dwi L Sugijo, Rispah Purba

Abstract


Keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah berperan penting ada penguasaan sains karena siswa akan lebih mendalami konsep materi menggunakan benda-benda langsung dan mengerjakan kegiatan secara langsung. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana hubungan KPS dan sikap ilmiah serta peningkatannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian digunakan kuasi eksperimen dengan melaksanakan penelitian secara kuantitatif dengan menganalisis KPS dan sika ilmiah. Instrument penelitian menggunakan tes KPS dan sikap ilmiah. Penelitian dilaksanakan di sekolah Mts Muhammadiah Jayapura. Populasi penelitian seluruh kelas VIII. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sejumlah 26. Pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan KPS dan sikap ilmiah serta memiliki hubungan yang signifikan antara keduanya. Hasil analisis peningkatan KPS dan sikap ilmiah menunjukkan berada pada kategori sedang dengan katalain mengalami peningkatan. Penelitian ini sangat bermanfaat baik bagi pendidik maupun calon peneliti selanjutnya untuk mendapatkan hasil belajar serta menumbuhkan suasana belajar yang kondusif.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI di SD Negeri Cipete 2 Kecamatan Curug Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi,1(1), 22–35. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/71

Agustin, Lady, Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 56–64. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80.

Almanza-Arjona, Y. C., Durán-Álvarez, J. C., Fernández Urtusástegui, E., & Castrejón-Perezyera, C. S. (2022). Analogy between consecutive reaction kinetics and the spread of COVID-19 asa student-centered learning approach. Journal of Chemical Educatio, 99(9), 3155–3163.

Asy’ari, M., & Fitriani, H. (2017). Literatur reviu keterampilan proses sains sebagai dasar pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 1–7.

Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) dalam Pendidikan dan Pelatihan. Tatar Pasundan, 13(2), 299549

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400

Endang Lovisia, (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar, Science and Physics Education Journal, 2(1)

Hastuti, P. W., Tiarani, V. A., & Nurita, T. (2018). The influence of inquiry-based science issues learning on practical skills of junior high school students in environmental pollution topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 232–238.

Nurlaelah, Muh Tawil dan Ramlawati (2022). hubungan antara sikap ilmiah dan ketrampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Barru. Jurnal IPA Terpadu, 6(3), 48-56. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.22245

Nurmala, S., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Peranan Guru Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(7).

Hagtvedt, L. P., Dossinger, K., Harrison, S. H., & Huang, L. (2019). Curiosity Made The Cat More Creative: Specific Curiosity As A Driver Of Creativity. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 150(3), 1–13

Hake, R. (1999). Interactive Engagement vs Traditional Methods : A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. Am. Journal Physics. 66. 64-74

Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, (2), 141–158. https://doi.org/10.1117/1.3653235

Kartika, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Ong, E. T., Keok, B. L., Yingprayoon, J., Singh, C. K. S., Borhan, M. T., & Tho, S. W. (2020). The effect of 5E inquiry learning model on the science achievement in the learning of “magnet” among year 3 students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 1–10.

Pertiwi, M., Yuliati, L., & Qohar, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 22(2009), 21–28. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10355

Guswita, S. B. (2018). Analaisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9 (2). 249-259.

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134

Sholihah N A A, Sarwanto and Aminah N S, 2020, Development of Two-Tier Multiple Choice Instrument to Measure Science Process Skills, J Phys Conf Ser 1521

Sodayang, A. N., & Lumingkewas, S. (2021). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa PadaMateri Larutan Penyangga Dan Sistem Koloid. Journal Of Chemistry Education, 3(2), 63–66. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.278.

Sofia Azhari, I. W. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 91-100.

Tursinawati (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah siswa dalam pelaksanaan percobaan pada pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh . Jurnal Pinor. 1(1). 67-84




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.62538

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ade line

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot