THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION AGAINST STUDENT LEARNING OUTCOMES PHYSICS VIEWED FROM THE ADVERSITY QUOTIENT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aristi, A, F. 2014. Efek Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Tanjung Balai. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2): 1-7.
Budiada, I W. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan, 1-16.
Irwan,N, Sani,R,A. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Team Work Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1): 41-48.
Joyce,B ,Weil,M, Calhoun,E. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Percetakan Pustaka Belajar.
Mitchell, M, G., Monthgomery H., Holder M. 2008. Group Investigation as a Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of the Literature. Jurnal. The Alberta Journal of Educational Research, 54(4).
Musyaddad, K. 2013. Problematika Pendidikan Indonesia. Edu-Bio, 4: 51-57.
Mutiara. 2014. Efek Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Penguasaan Materi Fisika Prasyarat terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidika Fisika, 3(2): 46-52.
Pratama, R, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Advesity Quotient Siswa terhadap Hasil Belajar pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 4 Binjai T.P. 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: FMIPA UNIMED.
Purwadi, Suwandi, S., Slamet. 2013. The Effect of the Contextual, the Problem-Based, and the Group Investigation Learning Models on the Short Story Appreciation Ability Viewed from the Verbal Linguistic Intelligences. Jurnal Education and Practice, 4(12).
Stoltz, P, C. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Gramedia.
Tambunan, E dan Bukit, N. 2015. Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1): 49-56.
Wismayana, Ngurah P. 2007. Pengaruh Model Belajar Berbasis Masalah danAdversity Quotient Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Konsep Diri Siswa Sma Negeri 4 Singaraja. Abstrak Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(-): 21-22.
Zakir, S. 2007. Usaha Guru Dalam Mengatasi Anak Yang Bermasalah Dalam Belajar, (Online), (http://manzaku.blogspot.com/2007/09/mengatasi-masalah-belajar.html, diakses tanggal 30 Oktober 2016).
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v6i1.6344
Article Metrics
Abstract view : 565 timesPDF - 485 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Rajo Hasim Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.