PENERAPAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA FASE PENGUMPULAN DATA PERCOBAAN DAN MENGOLAH SERTA MERUMUSKAN SUATU PENJELASAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DI SMA NEGERI 5 TAKENGON

Komyadi ., Derlina Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prosessains pada aspek skill dan kognitif dengan penerapan model pembelajaraninquiry training menggunakan media simulasi PhET. Metode penelitianyang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri daridua siklus dengan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatanyaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukandi SMA Negeri 5 Takengon kelas XI.IPA-1 yang terdiri dari 25 siswa padasemester genap tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah catatan lapangan, tes, observasi, dan angket. Dari hasilpenelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa (aspekskill) pada siklus I adalah 66,18 dengan ketuntasan klasikal 36% dan padasiklus II 77,77 dengan ketuntasan klasikal 92% dengan N-gain 47,81%(sedang). Nilai rata-rata keterampilan proses sains (aspek kognitif) siswapada siklus I adalah 61,87 dengan ketuntasan klasikal 48%, sedangkan padasiklus II 78,15 dan ketuntasan klasikal 88% dengan N-gain 69% (sedang).Hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I positif danpada siklus II sangat positif. Dengan demikian penerapan modelpembelajaran inquiry training menggunakan media simulasi PhET dapatmeningkatkan keterampilan proses sains (aspek skill dan kognitif).
Kata kunci: keterampilan proses sains, inquiry training, simulasi PhET

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2562

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF - 508 times

Refbacks





Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.