Development of e-module based on Premna serratifolia research to identify functional group of secondary metabolites
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & Walida, S. E. (2017). Pengembangan e-modul interaktif berbasis case (creative, active, systematic, effective) sebagai alternatif media pembelajaran geometri transpormasi untuk mendukung kemandirian belajar dan kompetensi mahasiswa. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya di Universitas Airlangga Surabaya, p. 197-202.
Asri, M., & Kalsum, U. (2021). Uji hepatoprotektor ekstrak etanol buah pepino (Solanum muricatum) terhadap tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi CCL4’. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 16(1), 167. https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.1695
Azkiyati, M., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Dianita, R. & Jantan, I. (2017). Ethnomedicinal uses, phytochemistry and pharmacological aspects of the genus Premna: A review. Pharmaceutical Biology, 55(1), 1715–1739. https://doi.org/10.1080/13880209.2017.1323225
Ditasari, R., Peniati E, & Kasmui. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA terpadu berpendekattan keterampilan proses pada tema dampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan untuk SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(2), 4-5. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2043
Ersando., Muharini, R., Lestari, I., Sartika., & Rasmawan, R. (2022). Pengembangan e-modul pemisahan senyawa fenolik dari fraksi simpur air dengan teknik kromatografi lapis tipis (KLT) preparatif sebagai sumber belajar kimia bahan alam. Jurnal Kependidikan Kimia, 2(10), 109–121. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/hjkk.v10i2.5719
Hadiarti, D., Haryadi, W., Matsjeh, S., & Swasono, R. T. (2021). Understanding phytochemical roles on α-glukosidase inhibitory activity based on metabolomik approach of premna serratifolia leaves from west Borneo, Indonesia. Rasayan Journal of Chemistry, 14(02), 1216–1222. https://doi.org/10.31788/rjc.2021.1426320
Hadiarti, D. (2022) Isolasi dan identifikasi senyawa aktif dari daun buas-buas (Premna serratifolia) sebagai inhibitor α-glukosidase. Dissertation. Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Hasanah, S., Wibowo, M.A. & Idiawati, N. (2015). Toksisitas Lygodium Microphyllum, Premna serratifolia L. dan Vitex pinnata asal Desa Kuala Mandor B. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 4(4), 101–105.
Isnindar., Wahyuono, S., Widyarini, S., & Yuswanto. (2016). Determination of antioxidant activities of buas-buas leaves (Premna serratifolia L.) Using DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) method. Traditional Medicine Journal, 21(3), 111–115. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/tradmedj.17292
Jumadi., Sunarno, W. & Aminah, N.S. (2018). Pengembangan modul Ipa berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas Vii Smp pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 262. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22986
Kuncahyono, K., & Kumalasani, M. P. (2019). Pengembangan softskill teknologi pembelajaran melalui pembuatan e-modul bagi guru sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 128–139. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5272
Lestari, M.A., Mukarlina., & Yanti, A.H. (2014). Uji aktivitas ekstrak metanol dan n-Heksan daun buas-buas (Premna serratifolia Linn.) pada larva nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti Linn.). Jurnal Protobiont, 3(2), 247–251. https://doi.org/10.26418/protobiont.v3i2.6831
Manampiring, N., Mamahit, J.A., & Posumah, D.C. (2020). Pengembangan modul berbasis riset keanekaragaman spesies ikan di danau tondano terhadap literasi sains mahasiswa pendidikan biologi. Science Learning Journal, 1(2), 6–10. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6629
Rahim, A.R. (2021). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah Dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: ZAHIR Publisher.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran big book subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 49–60.
Rohmad, A., Suhandini, P., & Sriyanto, S. (2012). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK) serta kebencanaan sebagai bahan ajar mata pelajaran geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Edu Geography, 1(2), 1-5.
Sari, A. T. W., & Alarifin, D. H. (2016). Pengembangan modul berbasis poe (predict, observe, explain) materi usaha dan energi ditinjau dari kemampuan kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 124-136. https://doi.org/10.24127/jpf.v4i2.531
Shalihin, M.I., Muhaimin., & Latief, M. (2022). Isolation and Identification of an Alkaloid Compound from Bebuas Leaves (Premna serratifolia) as an Anti-Inflammatory in White Rats (Rattus norvegicus). Jurnal Teknologi Laboratorium, 11(2), 78–94. https://doi.org/10.29238/teknolabjournal.v11i2.275
Suarsana, I.M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik IInformatika, 2(2), 193–200. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Tonius, J., Wibowo, M.A., & Idiawati, N. (2016). Isolasi dan karakterisasi senyawa steroid Fraksi n-Heksana daun buas-buas (Premna serratifolia). Jurnal Kimia Khatulistiwa, 5(1), 1–7
Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S.R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis penelitian uji antimikroba pada matakuliah mikrobiologi. Jurnal Pendidikan, (1), 572–579. https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13432
Wahyuni, S., Mukarlina., & Yanti, A.H. (2014). Aktivitas antifungi ekstrak metanol daun buas-buas (Premna serratifolia) terhadap jamur Diplodia sp. pada jeruk siam (Citrus nobilis var. microcarpa). Jurnal Protobiont, 3(2), 274–279. https://dx.doi.org/10.26418/protobiont.v3i2.6828
DOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v16i2.59061
Article Metrics
Abstract view : 182 timesPDF - 49 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arni arni, Dini Hadiarti, Tuti Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia
Contact: +62 853-1769-2813
Email: jpkim.pps@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +62 852-7802-1981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.