PENGEMBANGAN VCD INSTRUKTIONAL PADA MATERI PENCAK SILAT UNTUK SMA

Penulis

  • Marli Perangin Angin Graduate Student of Sports Education State University of Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v4i1.11966

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi Pencak silat berupa VCD Instructional untuk jenjang SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development).  Subjek penelitian ini adalah materi Pencak Silat tingkat SMA. Pengembangan media ini melibatkan 5 orang ahli untuk memvalidasi produk VCD Instructional yang dikembangkan yang terdiri dari 2 orang ahli materi Pencak Silat, 2 orang ahli pembelajaran dan 1 orang ahli media video. Berdasarkan  hasil validasi ahli-ahli diperoleh data dari ahli materi Pencak silat sebesar 82,81 dinyatakan valid, untuk ahli pembelajaran PJOK 77,08 dinyatakan cukup valid dan ahli media video 71,42 dinyatakan cukup valid. Pengujian produk dilanjutkan ke tahap uji coba lapangan untuk mengetahui efektivitas media yang terdiri dari uji coba skala kecil dan skala besar. Teknik pengupulan data yang dilakukan menggunakan anget tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media VCD. Untuk sampel yang digunakan pada penelitian uji coba lapangan ini terdiri dari 2 jenis sampel yakni sampel skala kecil yang berjumlah 30 siswa dan 1 guru PJOK dan hasil data yang diperoleh sebesar 84,73 dan dinyatakan sangat efektif. Pada sampel skala besar berjumlah 220 siswa dan 5 guru PJOK diperoleh hasil sebesar 86,77 dan dinyatakan sangat efektif. Keywords: Media, VCD Instructional, Pencak Silat

Diterbitkan

2019-01-11

Cara Mengutip

Perangin Angin, Marli. “PENGEMBANGAN VCD INSTRUKTIONAL PADA MATERI PENCAK SILAT UNTUK SMA”. Jurnal Pedagogik Olahraga 4, no. 1 (Januari 11, 2019): 71–89. Diakses Oktober 13, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/11966.