MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VIII SMP YPI AMIR HAMZAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman materi kesehatan lingkungan setelah diterapkannya metode peta konsep pada siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, terhadap 28 siswa kelas VIII dari beberapa sekolah yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan berganda. Pemahaman tentang kesehatan lingkungan sebelum diterapkan metode peta konsep pada siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah adalah cukup KKM 65,68% sebab hanya 10 siswa (35,71%) yang tuntas belajar. Setelah diterapkannya metode peta konsep pada siklus I adalah cukup dengan KKM 69,82% sebab sebanyak 11 siswa (39,29%) yang tuntas belajar. Selanjutnya dilakukan pembelajaran pada siklus ke II, nilai pemahaman kesehatan lingkungan mengalami peningkatan dengan KKM 77,36% dan 26 siswa (92,86%) tuntas belajar, dengan peningkatan 17,78%.
Kata kunci : Kesehatan Lingkungan, Metode Peta Konsep
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v4i2.12142
Article Metrics
Abstract view : 235 timesPDF - 476 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.