STUDI EKSPERIMEN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS SERVIS PENDEK BACKHAND PADA SISWA SMA NURUL HASANAH

Dedy Pradipta, Tarsyad Nugraha, Indra Kasih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan studi eksperimen tentang model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand pada siswa sma swasta nurul hasanah tahun ajaran 2017/2018. dengan jumlah sampel 48 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sample treatment by level 2 x 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar portofolio untuk tes hasil belajar pukulan servis pendek backhand dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran  picture and picture secara keseluruhan, karena F0 (A) = 4,08 > Ftab = 4,05 maka H0 ditolak. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran picture and picture dimana harga hitung Fo interaksi = 1,27 dan F tabel = 4,05 terlihat bahwa fungsi Fo < Ft, sehingga ada alasan untuk menolak Ho. (3) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand  pada kelompok siswa motivasi belajar tinggi. (4) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand  pada kelompok siswa motivasi belajar rendah.


Full Text:

PDF

References


Abduljabar. 2008 Pendidikan Jasmani Untuk Sma. Jakarta : Erlangga

Alhusin, Syahril. 2007. Gemar Bermain Bulutangkis. Surakarta.

Ardhana, Wayan. 1990. Atribusi Terhadap Sebab-Sebab Keberhasilan Dan Kegagalan Serta Kaitannya Dengan Motivasi Untuk Berprestasi, Pidato Pengukuhan, Ikip Malang, Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniasih, I, Sani B. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Cetakan Ke-empat. Kata Pena, 2016

Oemar Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sadirman A.M Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

S. Nasution, 1986. Didaktik Asas Mengajar, Bandung : Jemmars

Sudjana. 2017. Metoda Statistika, Bandung :PT.Tarsito Bandung

Sunarno, A. & Derita,S Sihombing. 2011. Metode Penelitian Olahraga. Surakarta.Penerbit: Yuma Pustaka

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung:Remaja Rosdakarya

Tohar, 1992. Olahraga Pilihan Bulutangkis, Departemen Pendidikan DanKebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan 1992

Tony Grice. 2007. Bulutangkis, Petunjuk Praktis Untuk Pemula




DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v5i1.14484

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License