STUDI EKSPERIMEN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS SERVIS PENDEK BACKHAND PADA SISWA SMA NURUL HASANAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan studi eksperimen tentang model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand pada siswa sma swasta nurul hasanah tahun ajaran 2017/2018. dengan jumlah sampel 48 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sample treatment by level 2 x 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar portofolio untuk tes hasil belajar pukulan servis pendek backhand dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran picture and picture secara keseluruhan, karena F0 (A) = 4,08 > Ftab = 4,05 maka H0 ditolak. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran picture and picture dimana harga hitung Fo interaksi = 1,27 dan F tabel = 4,05 terlihat bahwa fungsi Fo < Ft, sehingga ada alasan untuk menolak Ho. (3) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand pada kelompok siswa motivasi belajar tinggi. (4) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand pada kelompok siswa motivasi belajar rendah.
Full Text:
PDFReferences
Abduljabar. 2008 Pendidikan Jasmani Untuk Sma. Jakarta : Erlangga
Alhusin, Syahril. 2007. Gemar Bermain Bulutangkis. Surakarta.
Ardhana, Wayan. 1990. Atribusi Terhadap Sebab-Sebab Keberhasilan Dan Kegagalan Serta Kaitannya Dengan Motivasi Untuk Berprestasi, Pidato Pengukuhan, Ikip Malang, Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniasih, I, Sani B. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Cetakan Ke-empat. Kata Pena, 2016
Oemar Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sadirman A.M Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
S. Nasution, 1986. Didaktik Asas Mengajar, Bandung : Jemmars
Sudjana. 2017. Metoda Statistika, Bandung :PT.Tarsito Bandung
Sunarno, A. & Derita,S Sihombing. 2011. Metode Penelitian Olahraga. Surakarta.Penerbit: Yuma Pustaka
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung:Remaja Rosdakarya
Tohar, 1992. Olahraga Pilihan Bulutangkis, Departemen Pendidikan DanKebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan 1992
Tony Grice. 2007. Bulutangkis, Petunjuk Praktis Untuk Pemula
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i1.14484
Article Metrics
Abstract view : 481 timesPDF - 624 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.