PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMP AR-RAHMAN PERCUT

Muammar Afif Marpaung, Imran Akhmad, Rahma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran inkuiri dan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring bola. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x2 dengan sampel berjumlah 48 siswa. Data hasil eksperimen dianalisis menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola antara model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa keativitas rendah, (4) Model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa kreativitas tinggi.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1972. Models of Teaching. Prentice/Hall, New Jersey

Koger, Robert. Latihan dasar Andal Sepakbola Remaja. Klaten: Saka Mitra Kompetensi,

Lutan, Rusli dan Suherman, Adang. 2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depniknas.

Luxbache, A. Joseph. 2004. Sepak Bola Terjemahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Metzler, Michael.W. 2000. Instructional Models For Physical Education. Allyn and Bacon. USA.

Mielke , Danny. 2007. Dasar – Dasar Sepakbola. Bandung : Pakar Raya

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Muhammad Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Muhammad Fathurrohman 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media

Purnamasari, Dewi, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Bermain Bolabasket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolabasket Di SMA N 1Baleendah. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rezki, 2015. Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Tesis. Universitas Islam Riau

Sani Berlan. 2016. Ragam Pengembanan Model Pembelajaran, Kata Pena

Sanjaya Wina. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group

Schmidt, Richard A. Motor Learning and Perfomance from Principle to Practice. lilinois: Human Kinetics Publisher Inc., 1991.

Sucipto, dkk., 2000. Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,

Sugiharto, Dkk., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motorik Dasar Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Awal. Journal Of Physical Education And Sport. Jpes 2 (1) (2013). Universitas Negeri Semarang

Uno, Hamzah. 2004. Model Pembelajaran. Menciptakan, Gorontalo: BMT Nurul Jannah.

Verduci, Frank. 1980. Measurement Concept in Physical Education. St.Louis : Mosby company




DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v5i1.14486

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License