PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP SELF ESTEEM DITINJAU DARI IDENTITAS SOSIAL DAN KESETARAAN GENDER PADA SEKOLAH PEMBAURAN

Yustinus Tarigan, Tarsyad Nugraha, Nurhayati Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Identitas Sosial; (2) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Kesetaraan Gender; dan (3) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Self Esteem. Metode Penelitian yang digunakan ialah survey dengan angket/kuesioner dan juga dokumentasi serta untuk menganalisis hubungan masing – masing variabel dengan analisis jalur (path analysis), dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Instrumen penelitian berupa angket tentang Pendidikan Jasmani, Identitas Sosial, Kesetaraan Gender dan juga Self Esteem. Sebelum melakukan analisis data dengan analisis jalur, terlebih dahulu melakukan pengujian persyaratan analisis data diantaranya dengan uji normalitas, uji kelinieran dan keberartian regresi, dan uji homogenitas, dengan Analisis Variansi pada taraf signifikansi a sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Jasmani secara langsung memberikan pengaruh terhadap Identitas Sosial, Kesetaraan Gender dan juga Self Esteem. Besarnya pengaruh langsung (1) Pendidikan Jasmani terhadap Identitas Sosial adalah 38,6%, (2) Pendidikan Jasmani terhadap Kesetaraan Gender adalah 22,3%, dan (3) Pendidikan Jasmani terhadap Self Esteem adalah 60 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index