PENGEMBANGAN PERATURAN PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MODIFIKASI MODEL PERATURAN PERMAINAN AMS 32 PADA SISWA SMP KELAS VIII

Amal Syahril Sihombing, Rahma Dewi, suprayitno .

Abstract


Penelitian bertujuan: (1) Memberikan alternatif model pembelajaran tenis meja; (2) Meningkatkan semangat bermain; (3) Memperkaya gerak siswa; (4) Memperbaiki gerak siswa yang efektif; (5) Memberikan masukan kepada guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk materi pembelajaran tenis meja. Teknik pengambilan subjek secara purposif cluster random sampling pada siswa SMP kelas VIII. Data yang digunakan yaitu data kualitatif diperoleh secara keseluruhan dari hasil kuesioner dan portofolio maka dirubah menggunakan data kuantitatif, kemudian dibuat berupa kritik maupun masukan dari para ahli secara lisan maupun tulisan untuk bahan revisi produk dan penelitian mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam mengembangkan produk adalah data, observasi, wawancara, kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan peraturan permainan tenis meja melalui modifikasi model peraturan permainan, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien sehingga permasalahan selama ini dalam pembelajaran disekolah dikarenakan kekurangan atau permasalahan terhadap prasarana bisa dimodifikasi lapangan; (2) Model peraturan permainan yang dimodifikasi menjadi harapan supaya siswa dalam belajar materi permainan tenis meja dengan peraturan yang sebenarnya bisa dimodifikasi peraturan sesuai yang sudah diujicobakan dari kelompok kecil maupun ujicoba kelompok besar.

Kata Kunci: Pengembangan, Modifikasi Peraturan, Tenis Meja


Full Text:

PDF

References


Albadi Sinulingga dan NonoHadinoto(2014). Teori Dasar Motor Kontrol Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Usia Dini. Medan; Unimed Press.

Chairuddin Hutasuhud (1988). Tenis Meja Istitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Padang.

Adang Suherman (2000). Dasar –Dasar Penjas. Jakarta; Depdiknas

Lutan, Rusli. (1988).Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti.

Salim, Agus (2008). Buku Pintar Tenis Meja. Bandung; Nuansa.

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Simatupang (2005). Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolag Dasar,Jurnal Pendidikan Jasmani, (Online), Volume 3, No. 1, (https://journal.uny.ac.id)

Sumarno, dkk. (2003). Olahraga Pilihan I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i2.17877

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik Olahraga

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.