PENGEMBANGAN PERATURAN PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI MODIFIKASI MODEL PERATURAN PERMAINAN AMS 32 PADA SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian bertujuan: (1) Memberikan alternatif model pembelajaran tenis meja; (2) Meningkatkan semangat bermain; (3) Memperkaya gerak siswa; (4) Memperbaiki gerak siswa yang efektif; (5) Memberikan masukan kepada guru-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk materi pembelajaran tenis meja. Teknik pengambilan subjek secara purposif cluster random sampling pada siswa SMP kelas VIII. Data yang digunakan yaitu data kualitatif diperoleh secara keseluruhan dari hasil kuesioner dan portofolio maka dirubah menggunakan data kuantitatif, kemudian dibuat berupa kritik maupun masukan dari para ahli secara lisan maupun tulisan untuk bahan revisi produk dan penelitian mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam mengembangkan produk adalah data, observasi, wawancara, kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan peraturan permainan tenis meja melalui modifikasi model peraturan permainan, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien sehingga permasalahan selama ini dalam pembelajaran disekolah dikarenakan kekurangan atau permasalahan terhadap prasarana bisa dimodifikasi lapangan; (2) Model peraturan permainan yang dimodifikasi menjadi harapan supaya siswa dalam belajar materi permainan tenis meja dengan peraturan yang sebenarnya bisa dimodifikasi peraturan sesuai yang sudah diujicobakan dari kelompok kecil maupun ujicoba kelompok besar.
Kata Kunci: Pengembangan, Modifikasi Peraturan, Tenis Meja
Full Text:
PDFReferences
Albadi Sinulingga dan NonoHadinoto(2014). Teori Dasar Motor Kontrol Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Usia Dini. Medan; Unimed Press.
Chairuddin Hutasuhud (1988). Tenis Meja Istitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Padang.
Adang Suherman (2000). Dasar –Dasar Penjas. Jakarta; Depdiknas
Lutan, Rusli. (1988).Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti.
Salim, Agus (2008). Buku Pintar Tenis Meja. Bandung; Nuansa.
Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Simatupang (2005). Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosial Bagi Siswa Sekolag Dasar,Jurnal Pendidikan Jasmani, (Online), Volume 3, No. 1, (https://journal.uny.ac.id)
Sumarno, dkk. (2003). Olahraga Pilihan I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i2.17877
Article Metrics
Abstract view : 472 timesPDF - 438 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik Olahraga
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.