EVALUASI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU PJOK SMP DALAM MENINGKATKAN KEPROFESIAN

M. Fazar Afandi, Amir Supriadi, Rahma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru-guru PJOK tingkat SMP di kota Tebing Tinggi dengan menggunakan metode deskritif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 15 orang  guru-guru PJOK yang memiliki sertifikat pendidik, 7 orang Kepala Sekolah dan 1 orang Pengawas dinas pendidikan bidang penjasorkes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Selanjutnya data diolah dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, menafsirkan data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian ini yang menggunakan model CIPP (context, input, process, product) menunjukan bahwa; 1) pelaksanaan program PKB di kota Tebing Tinggi terlaksana melalui perintah secara pesan lisan oleh Kepala Sekolah kepada guru PJOK mengenai pengaktifan MGMP, 2) belum adanya perencanaan dan sumber daya yang digunakan dalam kegiatan program PKB sehingga pelaksanaannya dilakukan seadanya, 3) pelaksanaan yang dilakukan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan, 4) hasil yang kurang sesuai dengan harapan untuk meningkatkan keprofesionalan guru PJOK karena masih berangkapan kegiatan-kegiatan PKB yang mereka ikuti hanya untuk syarat kenaikan pangkat saja. Kekurangan dari pelaksanaan program PKB ini harus di evaluasi dengan beberapa upaya melalui evaluasi model CIPP yaitu; 1) adanya SK dan SOP yang jelas kepada guru-guru PJOK untuk menjalankan program, 2) perlu adanya seleksi terlebih dahulu kepada guru PJOK sebelum program dijalankan, 3) perlu monitoring dan evaluasi saat kegiatan sedang berlangung, 4) adanya tes berupa angket kepada guru PJOK yang dibuat untuk melihat pengaruh yang dari program PKB terhadap peningkatan keprofesionalan guru PJOK.

 

Keywords: Guru, Keprofesian Berkelanjutan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safaruddin Abdul Jabar, 2009. Evaluasi Program Pendidik an.Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Husein, Latifah. 2016. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Komara, Endang dan Anang Mauludin. 2016. Pengembangan Keprofesian Berk elanjutan (PKB) dan Penelitian Tindak an Kelas (PTK) Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.

Syahrul A.R. 2014. Buk u Pengembangan Profesi Guru. Medan: CV. Agmasu.

Wau, Yasaratodo. 2017. Profesi Kependidik an. Medan: Unimed Press.




DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v5i2.17886

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik Olahraga

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License