PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GOBAG SODOR UNTUK MENARIK MINAT SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa model permainan gobag sodor yang dimodifikasi peratuaran permainannya. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Delisedang-Sumatera Utara. Subjek atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan model permainan tradisional gobag sodor untuk menarik minat siswa pada anak SD kelas V. Subjek atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan model permainan tradisional gobag sodor untuk menarik minat siswa pada anak SD kelas V. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104250 Pantai Labu dengan jumlah 12 orang siswa yang mempunyai karakteristik rentang usia 10-12 tahun. Subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini berjumlah 2 Sekolah Dasar kelas V di Kecamatan Pantai Labu dengan jumlah siswa yang setiap sekolah berjumlah 24 siswa. Sehingga keseluruhan jumlah subjek pada kelompok besar yaitu 48 siswa. Hasil analisis data dari evaluasi ahli, didapat rata-rata penilaian pada uji skala kecil (kelompok kecil) 73,78%. Diperoleh juga rata-rata pada ahli I 3,53, pada ahli II 3,73 dan pada ahli III 3,80. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk permainan gobag sodor ini telah memenuhi kriteria baik sehingga dapat digunakan untuk menarik minat permainan gobag sodor siswa SD. Data uji coba kelompok kecil dihimpun dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan data yang diperoleh dalam uji kelompok kecil. Siswa cenderung aktif bergerak dalam melakukan permainan gobag sodor. Data hasil kuesioner yang diisi para siswa diperoleh presentase jawaban yang sesuai dengan aspek yang dinilai sebesar 75,46%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model pengembangan permainan gobag sodor ini memenuhi kriteria “Baik” atau “Layak” sehingga dapat digunakan untuk uji kelompok besar. Data uji coba kelompok besar dihimpun dengan menggunakan kuesioner. Berdasar data pada hasil kuesioner yang diisi para siswa diperoleh presentase jawaban yang sesuai dengan aspek yang dinilai sebesar 84,09%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model pengembangan permainan gobag sodor ini memenuhi kriteria “Baik” atau “Layak” sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Permainan Tradisional, Gobag Sodor, Minat
Full Text:
PDFReferences
Borg. W.R. dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Dewi Rosianah, Hermawan Pamot, R Ipang Setiawan. Jurnal of physical educationsport, healt, and recreation. Semarang: UNNES, 2013.
Sukintaka. 1992. Teori Bermain untuk D2 PGSD Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi DEPDIKBUD
DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i2.17888
Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF - 117 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik Olahraga
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.