EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI FIK UNIMED

Muhammad Supriadi Siregar, Nurhayati Simatupang, Albadi Sinulingga

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum berbasis KKNI di FIK Unimed  ditinjau dari aspek Context, Input, Process, dan Product. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Penelitian ini menganalisis masing-masing faktor sesuai dengan model CIPP (Conteks, Input, Process dan Product). Subjek penelitian adalah WD I, Ketua Jurusan, Dosen dan Mahasiswa. Jumlah  sampel mahasiswa 152 orang, Dosen Sebanyak 36 orang, dan Jurusan sebanyak 3 orang. Pengambilan sampel dengan Proporsional random  sampling.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan empat variabel  yang dievaluasi. 1. Aspek Context menunjukkan Kebijakan., latar belakang , tujuan dan kebutuhan sesuai dengan target yang diharapkan serta tujuan dan kebutuhan yang perlu ditingkatkan   kembali. 2. Aspek Input Sumber daya( Jurusan 100%, Dosen 97,38%,Mahasiswa 86%), Sumber informasi ( Jurusan 92%,Dosen 90,35%, Mahasiswa 74%), Prosedur penerapan (Jurusan 100%, Dosen 90,33%, Mahasiswa 83,90%. dari 3. Aspek Process persiapan (Jurusan 93% dan Dosen 83,60%), Pelaksanaan (Jurusan 83%, Dosen 92,33%, Mahasiswa 75,32%). Penilaian ( Jurusan 84%, Dosen 96%,Mahasiswa 86,30%). 4. Aspek Produk Analisis  (Jurusan 97% dan Dosen 87%), Keputusan (Jurusan 93% ,Dosen 87,04%dan Mahasiswa 74,73%).Hasil ( Jurusan 97%, Dosen 82,33%, Mahasiswa 74%).Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum berbasis KKNI FIK Unimed sudah terlaksana dengan baik sekali.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Implementasi Kurikulum berbasis KKNI.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013.Bandung : PT. Refrika Aditama.

Adi Suryanto, Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta Universitas Terbuka.

Ali Hasan. 2009. Marketing. Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI)Permendikbud RI No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi

Hasibuan, Sanusi.2010. Gerakan Garuda Emas. Suatu penelitian Evaluatif Pelaksanaan Program Gerakan Garuda Emas di Sumatera Utara. Jakarta. Disertasi Pascasarjana UNJ.

Peraturan Presiden (Pepres) RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Stufflabeam, D.L. 1971. Education evaluation: Theory and Practie. Oshio: Charles A. Jones Publishing Company

Stufflebeam, 2003. THE CIPP MODEL FOR EVALUATION Presented at the Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN).




DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v5i2.17890

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik Olahraga

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License