PENGARUH METODE PERMAINAN DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN GERAK DASAR LARI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Permainan Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Gerak Dasar Lari SD Negeri 105345 Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin Tahun 2018. Sampel penelitian ini 62 siswa yang masing-masing terdiri dari kelas III SD dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2x2 dengan uji tukey pada taraf =0,05. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pada kelompok A1 dan A2 dimana Qh = 12,40 dan Qt = 3,83 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan gerak dasar lari antara moetode permainan kelompok dan metode bermain individu. 2) Diperoleh Fh > Ft yaitu 19,81 > 4,15. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa terdapat interaksi antara metode bermain dan minat belajar terhadap keterampilan gerak dasar lari. 3) Dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 11,27 dan Qt = 2,99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar lari dengan minat tinggi yang diajar dengan menggunakan metode bermain kelompok lebih baik dari pada metode bermain individual. 4) Dimana Qh = 1,32 dan Qt = 2,99 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar keterampilan gerak dasar lari dengan minat rendah yang diajar dengan menggunakan metode bermain kelompok tidak lebih baik dari pada metode bermain individual
Keywords: Metode Bermain, Minat, dan Keterampilan Gerak Dasar Lari
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v7i1.26161
Article Metrics
Abstract view : 356 timesPDF - 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pedagogik Olahraga
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.