HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DENGAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA BERUMBAI PADA TARGET SISWA KELAS V SDN 064973 BHAYANGKARA MEDAN

Dian Pertiwi

Abstract


Kita tahu bahwa banyak anak-anak yang cerdas memiliki keterampilan motorik yang baik, banyak anak-anak yang pintar tapi tidak memiliki kemampuan gerak yang baik, dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  Intelegency Quotient dengan kemampuan  melempar bola berumbai pada target siswa kelas V SDN 064973 Bhayangkara Medan.

Untuk mengetahui sejauh mana varian-varian pada satu atau lebih faktor lain yang berhubungan berdasarkan pada koefisien korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V Sekolah Dasar Negeri 064973 Bhayangkara Medan sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 13 orang anak perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient dengan kemampuan melempar bola berumbai pada target siswa kelas V SDN 064 973 Bhayangkara Medar = 0.61, t = 4,71, sedangkan t tabel = 1,71. sehingga dapat dilihat bahwa t 4,71> t tabel 1,71.

Dari hasil pengolahan data dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil tes Intelligence Quotient mempunyai rentang skor antara 72 sampai 130 dengan nilai rata-rata 90.32. Sedangkan tes kemampuan melempar bola berumbai pada target mempunyai rentang skor 7 sampai 13 dengan nilai rata-rata 9.04.

Keyword : intelligence Quotient, melempar target, bola berumbai. 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)