PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN SPEEDLIGHT BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN SAQ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh latihan menggunakan speedlight terhadap peningkatan SAQ (speed, agility, quicknees) pada atlet U-16 X-Trail 14 Futsal Academy. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dengan perlakuan latihan menggunakan speedlight berbasis android dan kelompok kontrol dengan perlakuan latihan yang diberikan di akademi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang yang merupakan atlet U-16 di X-Trail 14 Futsal Academy. Metode yang dipakai adalah metode eksperimen dengan menggunakan disain penelitian yaitu two group pretest and posttest design. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil pengolahan data dengan analisis statistik diperoleh : Latihan menggunakan speedlight berbasis android signifikan meningkatkan SAQ pada atlet U-16 X-Trail 14 Futsal Academy. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada kelompok eksperimen t hitung sebesar 7.60 dan t tabel sebesar 2.26. Dapat dilihat dari hasil t hitung > t tabel sedangkan pada kelompok kontrol t hitung sebesar 2.17 dan t tabel sebesar 2.26. Dapat dilihat dari hasil t hitung < t tabel. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dan hasil pembahasan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh latihan menggunakan speedlight berbasis android sangat memberikan dampak peningkatan yang signifikan terhadap SAQ pada atlet U-16 X-Trail 14 Futsal Academy.
Kata Kunci: Speedlight, Peningkatan SAQ, Futsal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v8i1.41966
Article Metrics
Abstract view : 68 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogik Olahraga
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.