GERAK DASAR PENCAK SILAT DENGAN PERMAINAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran gerak dasar merupakan aspek utama yang harus dikuasai peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu model pengembangan (R&D) yaitu menghasilkan sebuah produk buku pedoman permainan gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas XI SD Muhammadiyah yaitu pada uji coba kelompok kecil sebanyak 30 orang dan pada uji coba kelompok besar sebanyak 100 orang siswa SD Muhammadiyah Medan. Hasil penelitian ini diperoleh kelayakan produk pembelajaran gerak dasar pencak silat berdasarkan penilaian ahli dan uji coba lapangan diperoleh rentang persentase 84,28%-95,83%. Kesimpulan penelitian ini model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa sekolah dasar Muhammadiyah Tanjung Sari dinyatakan “layak” dan dapat “digunakan”.
Kata Kunci : Gerak Dasar, Pencak Silat, Permainan, Tapak Suci
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v8i1.41967
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF - 119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogik Olahraga
License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index
Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.