UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Dedi Asmajaya

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar servis atas bola voli dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada tindakan (treatment) yang diterapkan dalam PTK, yaitu pembelajaran Bola Voli dengan penggunaan media Pembelajaran yang dimodifikasi. Dengan menyusun instrument Penelitian yakni menggunakan Portofolio Penilaian Tes hasil belajar Bola Voli. peningkatan hasil belajar menggunakan alat yang dimodifkasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari tes hasil belajar I  yang masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 68,3 dengan ketuntasan 57.5%. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata hasil belajar siswa 79  dengan tingkat ketuntasan 87.5% terlihat dari skor yang diperoleh dimana siswa mampu melakukan teknik servis atas bola voli pada saat tes hasil belajar. Dilihat dari hasil ini  maka dapat disimpulkan bahwa melalui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli pada kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Servis Atas Bola Voli, Modifikasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v2i1.4506

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.