Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang

Tria Muhamad Aris

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi mengenai penerapan model pembelajaran pair check (pasangan mengecek) untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi beberapa komponen, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen itu dipandang sebagai satu siklus.

Hasil tes siklus I dengan presentase cukup baik sebesar 44 Siswa atau 49%, baik sebanyak  46 Siswa  atau 51% sedangkan yang mendapatkan kategori sangat baik 0%. Hasil tes siklus II dengan presentase cukup baik sebesar 21 Siswa atau 23%, baik sebanyak  61 Siswa  atau 68% sedangkan yang mendapatkan kategori sangat baik sejumlah 8 siswa atau 9%. Sehingga ada peningkatan sebesar 17% untu kategosi cukup baik ke baik dan 9% dar ketegori baik ke kategori sangat baik. Berdasarkan hasil evalusi dari data siklus I dan siklus II dapat simpulkan bahwa pengunaan model pebelajaran pair check dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran, Pair check, Kemampuan Sos

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4508

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 913 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License