PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN OLAHRAGA GULAT PADA MAHASISWA PENJAS UNTAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Muhammad Fachrurrozi Bafadal

Abstract


Meningkatkan kemampuan penyelenggaraan pertandingan olahraga mata kuliah gulat pada mahasiswa pendidikan jasmani semester 5 tahun 2022 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek merupakan tujuan penelitian ini. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdapat 2 siklus, tiap siklus terdapat 2 pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian ini berjumlah 15 mahasiswa dan menggunakan Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, pada pra siklus belum menunjukkan kemampuan menyelenggarakan pertandingan olahraga sebesar 255  poin dengan persentase 21,25% dan masuk kategori kurang sekali, terjadinya peningkatan skor kemampuan menyelenggarakan pertandingan olahraga pada siklus I sebesar 691 poin dengan presentase 57,58% bergerak naik ke kategori cukup dan terus meningkat pada siklus II sebesar 1115 poin dengan persentase 92,91% dan terus merangkak naik  ke dalam kategori Sangat Baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan penyelenggaraaan pertandingan olahraga gulat pada mahasiswa pendidikan jasmani, FKIP Universitas Tanjungpura dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran berbasis proyek terlihat dari presentase siklus II sebesar 92,91% dengan kategori Sangat Baik, ini berarti bahwa mahasiswa pendidikan jasmani telah mampu melaksanakan dan memahami serta dapat menjalankan fungsi serta tugas pada setiap anggota panitia penyelenggaraan pertandingan olahraga. Sehingga dalam penyelenggaraan terselesaikan tepat waktu, sesuai peraturan dan sistem pertandingan berjalan dengan lancar.


Keywords


peningkatan, menyelenggarakan pertandingan, gulat, mahasiswa penjas

Full Text:

PDF

References


Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/1225

Dewi, F. (2015). PROYEK BUKU DIGITAL: UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3248

Dosinaen, M. A., Simanjuntak, V. G., & Hidasari, F. P. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING DALAM SEPAK BOLAMELALUI COOPERATIVE LEARNING TYPE TGT. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41012

Guarte, J. M., & Barrios, E. B. (2007). Estimation Under Purposive Sampling. Https://Doi.Org/10.1080/03610910600591610, 35(2), 277–284. https://doi.org/10.1080/03610910600591610

Hanif, A. S. (2016). Manajemen Penyelenggaraan Pertandingan Sepak Takraw (1st ed., Vol. 1). Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bNQaEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA42&dq=manajemen+pertandingan+olahraga&ots=7wcFmwRpPG&sig=e9ATtty9XVWFZ-tZPhnYdsZ0aew&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen pertandingan olahraga&f=false

Irvan, Haetami, M., & Fitriana Puspa, H. (2015). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN DI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK DI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Joko Krismanto Harianja. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa | Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika). Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pedidikan (Jartika), 3(2). http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/347

Kardani, G. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PJKR S1 UNIVERSITAS GALUH. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 26–33. https://doi.org/10.25157/WA.V4I1.384

Nindyawan, S. T., & Mulyono, A. (2021). Barriers to the Implementation of Table Official at the Srikandi CUP. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 358 – 364-358 – 364. https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I1.45519

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50–58. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17428

Pratama, G., Hidasari, F. P., & Triansyah, A. (2019). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN SEPAK BOLA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31597

Sakti, N. W. P., S, E. W., & Sukarman, S. (2020). Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Remaja Karang Taruna Desa Tamansari Kecamatan Gunungsari Terhadap Organisasi Dan Sistem Pertandingan Olahraga. Abdi Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.36312/ABDI.V2I2.1643

Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2020). PELATIHAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN TURNAMEN BOLA VOLI ANTAR PELAJAR SMA/SMK SEKABUPATEN NGADA-NAGEKEO BAGI MAHASISWA PJKR STKIP CITRA BAKTI. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.38048/JAILCB.V1I1.82

Turrahma, A., Haetami, M., & Hidasari, F. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN HANDSPRING. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/34983

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.645

Wahyudi, P. D. A., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2018). *PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK TANGKISAN PENCAK SILAT. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14793

Yani, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 10–15. https://ejournal.stkipnu.ac.id/public_html/ejournal/index.php/jkjo/article/view/27




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.46521

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

slot gacor slot