PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DICAPAI MELALUI METODE PROBLEM SOLVING

Raymond Pardamean Tamba

Abstract


Metode Penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimana merupakan salah satu upaya dalam memecahkan masalah yang dihadapi guru selama ini pada saat proses pembelajaran mereka.Proses pembelajaran meliputi pembelajaran pendidikan jasmani di kelas serta praktik di laboratorium dan lapangan.Guru memegang peranan penting dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas.Guru mengetahui masalah yang dihadapi siswa di kelas.Di dalam pendidikan jasmani, kemampuan motorik siswa bervariasi.Guru bertanggung jawab dalam merencanakan,bertindak, melakukan, mengamati dan merefleksi.Guru juga dapat dibantu oleh pasangan atau pakar.Dua faktor penting dalam penelitian tindakan kelas khususnya pendidikan jasmani adalah penggunaan media pengajaran dan gaya mengajar

Keywords


Pembelajaran ; Metode Problem Solving ; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. "Penelitian diartikan sebagai bentuk pengamatan yang mendalam terhadap suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi untuk meningkatkan suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti."

A.TEXT BOOK

Suyatno. (2016). Pembelajaran Aktif Pendidikan Jasmani. Surakarta: Yuma

Pustaka

Suyanto. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Deepublish

Sumarno, H. (2017). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Masalah. Surakarta: Yuma

Pustaka

B.JOURNAL

Suyitno, A. (2016). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui metode problem solving pada pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 1-9.

Supriyadi, E. (2018). Efektivitas pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 41-48.

Rachmawati, D. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran problem solving pada pendidikan jasmani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 63-70.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.46914

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 129 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.